ERUPSI GUNUNG ILE APE TAK BERDAMPAK DI KAB. ALOR

ERUPSI GUNUNG ILE APE TAK BERDAMPAK DI KAB. ALOR
Foto Anggota Sat Polair Polres Alor yang sedang melaksanakan tugas perbantuan kepolisian saat kapal penumpang kandas minggu lalu di alor kecil

Tribratanewsalor.com -Pasca erupsi gunung Ile Ape kab. lembata, Kapolres Alor AKBP Agustinus Christma, S.I.K. langsung bertindak cepat dengan berkodinasi dengan BPBD, BMKG Kab. Alor dan Bandara Mali Alor untuk memonitor dampak erupsi gunung Ile Ape/Ile Lowotolok di kab. Lembata, minggu (29/11).

Hasil koordinasi tersebut yaitu erupsi tidak berdampak ke wilayah kabupaten Alor, sesuai hasil koord dengan kepala Bandara Mali Alor Bpk. Suharmaji bahwa arah angin saat ini adalah ke arah Barat sehingga hasil pantauan BMKG terkait erupsi gunung berapi di lembata, saat ini tidak berdampak kepada penerbangan dari dan ke kabupaten Alor. Sebagaimana diketahui bahwa di kecamatan Pantar Tengah kabupaten Alor terdapat gunung berapi yaitu gunung sirung yang pernah mengalami erupsi pada tahun 2012. Kapolres pun telah berkoordinasi dengan BPBD Alor bahwa gunung tersebut saat ini belum terdapat aktivitas yang mengarah kepada terjadinya erupsi.

Kepolisian Resor Alor senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan dinas maupun instansi terkait penanggulangan bencana seperti BPBD, Basarnas, Dinas Sosial maupun semua komunitas dan potensi masyarakat yang dapat dikerahkan dalam menanggulangi bencana. Terkait erupsi gunung berapi di lembata, Kapolres Alor menyatakan kesiapan personelnya akan diberangkatkan manakala dibutuhkan sesuai SOP penanggulangan bencana dibawah koordinasi Polda NTT. dalam kesempatan tersebut Kapolres Alor juga menyampaikan ke polsek jajaran terutama kepada Kapolsek Pantar Barat untuk selalu memantau aktifitas gunung berapi yang berada di wilayah hukumnya dan telah membagi wilayah polsek sesuai zonasi perbantuan kepolisian dalam penanggulangan bencana

Lebih lanjut lagi Kapolres Alor menyampaikan kepada masyarakat Kab. Alor untuk tetap tenang serta tidak terpancing dengan pemberitaan -pemberitaan Hoax terkait erupsi gunung Ile Ape di Lembata kemudian dikait-kaitkan dengan gunung api yang ada di kabupaten alor demi meningkatkan konten media sosial, hal tersebut tentunya akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat di kabupaten Alor, tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang mungkin terjadi salah satunya tetap memperhatikan keamanan saat menggunakan sarana transportasi laut. Baik pemilik kapal maupun penumpang memperhatikan keselamatan dengan menggunakam life jacket dan penumpang yang tidak melebihi kapasitas, tutup Kapolres Alor.