Cegah Karhutla, Polsek Pantar Laksanakan Himbauan Ke Mayarakat

Cegah Karhutla, Polsek Pantar Laksanakan Himbauan Ke Mayarakat

Tribratanewsalor.com, - Jajaran Polres ALor, Polsek Pantar melaksanakan himbauan terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang gecar dilakukan saat patrol dan sosialisasi serta memberikan imbauan kepada masyarakat tentang larangan dan bahaya membakar hutan dan lahan, Kamis pagi (11/08).

PS.  Kanit Samapta Polsek Pantar Aipda Rahmat Tut bersama PS. Kasium Polsek Pantar Bripka Alifuddin Aminuddin dan PS. Ka Spkt I Polsek Pantar Bripka Lasarus Y. Balol melaksanakan kegiatan patroli dan sambang berkaitan dengan pencegahan karhutla ( Kebakaran hutan dan lahan) yang dilaksanakan di desa Bukit mas Kec. Pantar - Kab. Alor.

Kapolres Alor AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., melalui Kapolsek Pantar Ipda Gede Eka Suadnyana, S.H., kegiatan patroli ini terus dilakukan oleh Polsek Pantar untuk membantu sejak dini pada lahan yang berpotensi terjadinya karhutla. Selain monitoring titik Karhutla dan lahan rawan kebakaran, kegiatan patroli juga di isi dengan mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar, dengan cara menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Mari kita jaga kelestarian alam dan lingkungan dengan membuka lahan yang ramah Lingkungan” imbau Kapolsek Pantar”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan olah masyarakat sekitar hutan.

Karena apabila terjadi kebakaran hutan, maka ada beberapa dampak negatif terhadap kehidupan di bumi , di antaranya terjadinya pemanasan global dan kekurangan oksigen, Membahayakan bagi kelangsungan makhluk hidup di sekitarnya dan dapat menyebabkan masalah dan konflik antar pemilik lahan, karena api bisa menjalar ke lahan orang lain.

“Dengan adanya patroli karhutlah dapat mencegah terjadinya hal-hal yang sangat membahayakan bagi kelestarian hutan di Kec. Pantar,” tutup Kapolsek.