Jelang Operasi Mantap Brata, Polres Alor Gelar Latihan Pra Operasi Gladi Posko dan TFG Mantap Brata Turangga 2023 - 2024

Jelang Operasi Mantap Brata, Polres Alor Gelar Latihan Pra Operasi Gladi Posko dan TFG Mantap Brata Turangga 2023 - 2024

Tribratanewsalor.com, - Polres Alor mengikuti kegiatan Latihan Pra Operasi menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 yang bertempat di Gedung Wira Pratama Polres Alor.

Kegiatan Vicon pembukaan Latpra Operasi Gladi Posko dan TFG Mantap Brata Tutangga 2023 - 2024, tingkat Polda NTT kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda NTT IRJEN POL. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum., didampingi PJU Polda NTT.

Adapun penyampaian dan sambutan Lat Pra Ops oleh Kapolda NTT diantaranya, Pemilu 2024 tersebut penting, karena merupakan salah satu proses menuju Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, perlu kehadiran Polri guna menanggulangi berbagai potensi yang dapat memicu kerawanan menjelang maupun selama Pemilu 2024.

Lanjutnya, Agar para peserta Pra Operasi Mantap Brata Tutangga 2023 - 2024, untuk selalu menjaga netralitas Polri dan selalu melatih pola pengamanan sesuai ancaman pada tiap tahapan agar Pemilu berjalan dengan lancer dan Agar dalam pelaksanaan pengamanan pemilu tetap berpedoman pada Tribarata yang didalamnya mengandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kebenaran, dan keikhlasan untuk para personel Polda NTT

Selanjutnya pukul 10. 45 Wita kegiatan dilanjutkan Latihan Pra Operasi, Gladi Posko dan TFG Mantap Brata Tutangga 2023 - 2024, Polres Alor dengan Tema "Dengan Latihan Praoperasi Mantap Brata Turangga 2023 - 2024 POLRI yang presisi siap mengamankan penyelenggaraan pemilu 2023 - 2024 menuju Indonesia Maju., Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M. didampingi oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kab. Alor Syarifudin Laela, S.H. dan Komisioner Bawaslu Kab. Alor Salim S. Ratu S.Sos

Dalam kesempatan tersebut Anggota Komisioner KPU Kab. Alor Bpk. Munawir Laamin,S.Pd memaparkan terkait Tahapan dan Proses Pemilu Tahun 2024 dalam hal ini Dasar Hukum, Perencanaan program, Pemutahiran data pemilih, penyusunan daftar pemilih, Pendaftaran dan verifikasi peserta pemilihan umum, Penetapan peserta pemilihan Umum, Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Kursi, Pencalonan, Masa Kampanye, Masa Tenang, Pemungutan dan Perhitungan Suara, Penetapan hasil pemilihan umum

DIlanjutkan dengan Anggota Komisioner Bawaslu Kab. Alor Bpk. Salim S. Ratu S. Sos terkait  Pelanggaran dan Tindak Pidana Pemilu, Jenis tindak pidana pemilu, Penaganan tindak pidana pemilu, Defenisi Gakumdu, Pelapor Pelanggar pemilu, Tata cara Penyampaian pelaporan, Syarat Syarat Laporan.

Adapun penyampaian Kapolres Alor AKPB Supriadi Rahman, S.I.K., M.M., Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat dipahami dengan baik oleh seluruh peserta Lat Pra Ops, khususnya personil Polres Alor, guna mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2024 mendatang.

Lanjutnya, pelatihan ini bukan hanya rutinitas, tetapi merupakan persiapan nyata dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilihan umum.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran Polres Alor, Wadanki Brimob Kompi A IPTU Nardi Irawan dan Seluruh Personil Polres Alor yang termuat dalam Sprin Latihan Pra Operasi, Gladi Posko dan TFG Mantap Brata Tutangga 2023 - 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada para peserta dalam menghadapi pengamanan penyelenggaraan pemilu tahun 2023-2024. Diharapkan, kegiatan ini akan berdampak positif bagi pemahaman serta langkah tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh para peserta yang telah berhadir.