Menyongsong Hari Kemerdekaan Polres Alor Me Launching Rumah Sehat Merdeka

Menyongsong Hari Kemerdekaan Polres Alor Me Launching Rumah Sehat Merdeka

Menyongsong hari kemerdekaan polres Alor me launching rumah sehat merdeka

Diatas tanah dengan luas 1000 meter persegi polres alor menyulap pospol Kota kalabahi menjadi rumah sehat merdeka yang diperuntukkan sebagai lokasi isolasi terpusat di Kabupaten Alor , hal ini di lakukan akibat jumlah penyebaran covid 19 kian melonjak namun tempat karantina masih sangat terbatas khususnya di Kab. Alor, untuk itu Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K mengerakan personilnya untuk menyulap Pospol Kota Kalabahi menjadi tempat Karantina terpusat , kurang lebih hanya dalam 4 hari, Kapolres Alor bersama anggotanya mampu menyelesaikan perampungan tempat isolasi terpusat tersebut dengan kapasitas 10 orang yang terbuka untuk umum , dan sebelum dioperasikan Kapolres Alor mengundang dinas kesehatan untuk mengecek kelayakan rumah karantina tersebut , dari hasil pengecekan tersebut dinas kesehatan Kabupaten menyampaikan bahwa tempat karantina tersebut sudah sangat lanyak untuk di operasikan dengan fasilitas yang sudah sesuai standar pengoperasian tempat karantina, selain itu salah satu petugas Dinas Kesehatan yang ikut serta melakukan pengecekan sangat  berterima kasih kepada polres Alor yang sudah berkontribusi dalam penanganan covid 19 .
Perlu di ketahui rumah sehat Merdeka saat ini sudah beroperasi dimana sebanyak 3 orang pasien positif covid 19 saat ini sedang menjalani karantina mandiri .

Kapolres Alor dalam sela - sela kegiatan saat di wawancarai menyampaikan rumah sehat tersebut menyampaikan rumah sehat Merdeka Ini mengandung arti bahwa yang pertama adalah sehat , sehat ini di dalam arti kata bahwa orang-orang yang terkonfirmasi reaktif ketika masuk ke sini dalam kondisi masih aktif kami harapkan dapat pelayanan kesehatan dengan baik kemudian pemulihan dengan baik kemudian hari ini untuk mempercepat mereka sehat Ini adalah untuk memberikan afirmasi positif bahwa mereka harus sehat kemudian yang berikutnya adalah merdeka-merdeka ini kita ambil dari momen saat ini adalah momen hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2021 tentunya dalam kegiatan hari kemerdekaan ini dan diliputi dengan masa pandemic saat ini juga berharap pemulihan negara kita dalam kondisi bangsa pandemic ini juga bisa berangsur-angsur pulih , jadi Merdeka ini adalah kita semua dibebaskan dari wabah covid 19 yang saat ini sedang melanda di Indonesia terkhusus di kabupaten Alor.

Selain itu juga menjalin komunikasi dengan tenaga psikiater RSD Kalabahi untuk membantu pemulihan pasien isoter secara psikis sehingga mental mereka tidak jatuh dan tetap semangat di dalam masa pemulihan. Kegiatan lainnya adalah pembinaan rohani dari pemuka agama untuk menumbuhkan iman pengharapan dalam masa karantina. Kedua kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara virtual. Harapan kapolres agar masyarakat tidak lagi menjadi takut kemudian menyembunyikan diri ketika mendengar dirinya divonis terpapar virus covid. Justru dengan penanganan yang tepat, akan memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di kabupaten alor yang salah satunya dengan mendapatkan perawatan di rumah sehat "Merdeka" ini.

Kapolres menambahkan bahwa masih adanya masyarakat ketika hasil swabnya menyatakan dirinya terkonfirmasi reaktif merasa tidak percaya dan menuduh tenaga kesehatan meng covidkan dirinya. Hal ini tidak boleh terjadi lagi, untuk itu kapolres mengajak semua pihak terutama aparat pemerintahan sampai tingkat RT RW dapat terus melakukan edukasi yang baik kepada warganya tentang upaya penanganan covid 19.