Paus Mati Di Perairan Alor Besar, Polres Alor Bantu Evakuasi

Paus Mati Di Perairan Alor Besar, Polres Alor Bantu Evakuasi

Tribratanewsalor.com, Pada hari Senin tanggal 22 November 2021, pukul 16.00 wita, di perairan Sebanjar, Desa Alor Besar, Kec. Alor Barat Laut, Kab. Alor, ada seorang Nelayan Desa Alor Besar an. Ahmad Resah Budiman sedang melaut lalu menemukan 1 ekor ikan Paus dalam keadaan mati mengambang di perairan Desa Sebanjar.

Atas kejadian tersebut seorang nelayan Ahmad Resah Budiman langsung menginformasikan kepada Hansen Oei (Pengelola Nautika Dive) selanjutnya Hansen Oei meneruskan informasi penemuan ikan Paus tersebut kepada Kapolres Alor dan grup KCD, sehingga Tim yang dipimpin Langsung Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K bersama Dandim 1622 Alor Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag., KCD Kelautan dan Perikanan Prop. NTT wilayah Kab. Alor, Personil Satpolairud Polres Alor, WWF Alor, SAR ALOR, Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Alor, Yayasan Taka menuju sebanjar untuk melakukan evakuasi bangkai ikan Paus. 

Setelah sampai di TKP, Tim langsung melakukan pengukuran dan pemeriksaan awal terhadap bangkai ikan paus dengan Panjang ikan Paus : 10,15 meter, Panjang Rongga Mulut ke Mata : 3,40 meter, Panjang Moncong ke Mata : 1,67 meter, Lebar sirip Dada : 60 cm, Panjang Mulut ke sirip punggung : 5,8 Meter, Lingkar Badan : 12 meter, Panjang sirip ke kelamin : 3,7 meter, jarak lubang kelamin ke anus : 10 cm, Lebar ekor : 1,6 meter, Lebar Dada : 1,6 meter, ditemukan luka pada hidung dan Panjang Mulut 1,55 meter. 

Polres Alor bersama Kodim 1622 Alor, yayasan taka, WWF, dan masyarakat setempat , membantu proses evakuasi tersebut, awalnya paus mati tersebut dilihat masyarakat terdampar di perairan laut Alor besar sekitar pukul 16.00 Wita, dan mengeser tubuh paus tersebut ke pesisir pantai untuk dikuburkan diakibatkan bobot paus yang sangat berat akhirnya tim evakuasi meminta bantuan alat berat untuk membantu evakuasi penguburan paus tersebut di tempat yang sudah ditentukan . alat berat berjenis excavator dengan susah berat untuk dapat menarik tubuh paus yang mati tersebut ke permukaan sampai - sampai tali yang digunakan untuk menarik tubuh paus tersebut putus beberapa kali, hingga akhirnya tim evakuasi berhasil menarik tubuh paus yang sudah mati tersebut ke permukaan dengan menggunakan rantai besi yang di tarik alat berat pada pukul 00.03 wita, dan proses penguburannya selesai pada pukul 03.00 wita dini hari.

“Kami berterima kasih kepada seluruh tim first responder gabungan, para nelayan pemilik perahu, pemilik alat berat serta kelompok masyarakat yang telah membantu proses evakuasi dan penguburan ikan paus yang mati terdampar di sekitaran pantai alor besar,” tutup kapolres