Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Alor: Memperkuat Komitmen untuk Indonesia Maju

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Alor: Memperkuat Komitmen untuk Indonesia Maju

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 berlangsung dengan khidmat di Lapangan Mini Kalabahi, Kelurahan Kalabahi Kota, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, pada sabtu pagi (17/08/2024). Upacara ini merupakan bagian dari perayaan tingkat Kabupaten Alor dengan mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju."

Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat (PKPD) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Brigjen Pol Edfrie Richard Maith, S.I.K., bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara diemban oleh Wadanki Brimob Kompi 4 Yon A Polda NTT, IPDA Theodorus B. Boka, S.H.

Turut hadir dalam upacara tersebut Pj. Bupati Alor Dr. Drs. Zet Sony Libing, M.Si., Irwasda Polda NTT Kombes Pol I Made Sunarta, M.H., Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.IK, M.M., Dandim 1622 Alor Letkol Inf. Amir Syarifudin, S.H., serta sejumlah pejabat penting lainnya dari berbagai instansi pemerintahan, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Puncak dari upacara ini adalah pembacaan Naskah Proklamasi oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Alor, dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara untuk mengenang jasa para pahlawan, dan kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera yang diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya, menciptakan momen yang penuh haru dan kebanggaan.

Dalam amanatnya, Brigjen Pol Edfrie Richard Maith S.I.K. mengingatkan kembali akan perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya. "Kemerdekaan Republik Indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah, tetapi kita rebut dengan menukarkan darah, keringat, dan air mata para pahlawan," tegasnya.

Ia juga mengajak seluruh generasi penerus bangsa untuk selalu bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih dan mengisinya dengan hal-hal positif sesuai dengan peran masing-masing. Selain itu, dalam momen peringatan kemerdekaan ini, Inspektur Upacara menekankan pentingnya komitmen bersama untuk mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh pelosok tanah air, sejalan dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" juga menjadi fokus dalam amanatnya. Brigjen Pol Edfrie menyoroti bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya sebagai pusat pemerintahan baru, tetapi juga sebagai simbol transformasi menuju pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah terpencil dan perbatasan. Salah satu bukti nyata pembangunan di perbatasan adalah kehadiran 15 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar dari Kepulauan Riau hingga Papua Selatan.

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan lomba Pajak Bumi dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2024 yang berhasil mencapai 100% sebelum jatuh tempo.