Polres Alor Laksanakan Gelar Apel Kesiapan Bencana

Polres Alor Laksanakan Gelar Apel Kesiapan Bencana

Tribratanewsalor.com, - Kapolres Alor AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., pimpin apel kesiapn bencana dalam rangka antisipasi secara dini bahaya banjir / Genangan air dan bencana longsor yang dapat berdampak pada kamseltibcarlantas serta kontijensi di Kabupaten Alor di lapangan Apel Mapolres Alor, Jumat pagi (25/11).

Apel Kesiapan Bencana dan pengecekan perlengkapan penanggulangan bencana yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Alor ini diikuti oleh seluruh personil Polres Alor dan instansi terkait.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1622 Alor LETKOL INF Amir Syarifuddin, S.H., Wakil Ketua I DPRD Kab. Alor Drs. Yulius Mantaon, Kasat Pol PP Zainal Nampira, S.Pi, Kadis Dishub Ir Joseph E. Malaikosa, Kepala BNPB Ambrosius Kodo, S.Sos., M.M., Para Kabag, Kasat jajaran Polres Alor, Perwakilan Basarnas Kab. Alor, Perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Alor, Anggota Polres Alor Adapun peserta apel diantaranya 1 Pleton Anggota Kodim 1622 / Alor, 1 Pleton Anggota Brimob, 1 Pleton Anggota Dishub dan 1 Pleton Anggota Pol PP.

Dalam kesempan tersebut Kapolres Alor membacakan amanat dari Kapolda NTT dianatarnya, Dampak yang ditimbulkan dari bencana alam selain menyebabkan kerugiaan jiwa dan materil kerusakan tatanan ekosistem, tatanan ekonomi, menurunnya tingkat kesehatan dan lumpuhnya berbagai aktifitas masyarakat.

Lanjutnya, Indonesia adalah salah satu negara rawan bencana Alam, karena dari 14 jenis bencana Alam, 10 darinya sering terjadi terkhusus di daerah kita, bencana alam yang sering terjadi anatar lain  Gempa Bumi, letusan gunung berapi, tsunami, Banjir, tanah longsor, angin puting beliung, pohon tumbang dan gelombang pasang

Untuk mengantisipasi bencana, yang akan kita ambil adalah langkah langkah yang tepat dan cepat untuk memastikan upaya yang tepat dalam menghadapi bencana Alam hal tersebut tentu tidak terlepas dari kesiapsiagaan kita yang dimulai dari pengorganisasian, penyusunan rencana, penyiapan lokasi efakuasi dan penetapan mekanisme tanggap darurat sampai tercapainya rehabilitasi.

Pelaksanaan apel ini ada momentum untuk membangun sinergi  yang kokoh dari instasi terkait  dengan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi bencana Alam.