Polsek Alor Timur Lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas di Desa Maritaing

Polsek Alor Timur Lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas di Desa Maritaing

Tribratanewsalor.com, Personel Polsek Alor Timur melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang kamtibmas di Maritaing B, Desa Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor. Kegiatan ini dipimpin oleh Ka Spkt "C" AIPDA Sofyan Ismail Jusuf, didampingi oleh Kanit Samapta BRIPKA Ganung Ardianto, Kanit Provost BRIPKA Randi Stefanus, Ka Spkt BRIPKA Suranus B. Cunino, dan Banit Reskrim BRIPTU Rahmat, Rabu pagi (07/08)

Selama patroli, AIPDA Sofyan Ismail Jusuf menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas kepada masyarakat setempat. Ia mengajak warga untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, minimal di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, masyarakat diimbau untuk segera berkoordinasi dengan RT, RW, dusun, atau kepala desa jika menemukan indikasi perbuatan pidana di lingkungan sekitar. Selanjutnya, diharapkan agar melaporkan hal tersebut kepada Polsek Alor Timur dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

AIPDA Sofyan juga mengingatkan warga agar tidak mengkonsumsi minuman beralkohol atau minuman keras yang dapat memicu berbagai permasalahan atau konflik dalam kehidupan sosial. Selain itu, ia menghimbau agar masyarakat berperan aktif dalam memberikan informasi atau masukan kepada pihak Kepolisian Polsek Alor Timur terkait indikasi pidana atau permasalahan sosial yang dapat meresahkan.

Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), warga diingatkan untuk menghindari praktek membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan. Apabila melihat kebakaran, masyarakat diminta untuk segera melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. Selain itu, diingatkan pula untuk tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat yang dapat memicu kebakaran.

Kegiatan patroli dialogis ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara pihak kepolisian dengan masyarakat serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Maritaing dan sekitarnya.