Presiden Resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka-NTT

Presiden Resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka-NTT

Setelah melakukan peninjauan kawasan Foot Estate di Kabupaten Sumba Tengah, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2/2021) sore.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ucap Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Presiden mengatakan dalam beberapa kali kunjungan kerjanya ke NTT, selalu diminta bendungan dan waduk oleh pemerintah daerah.

Menurut Presiden permintaan tersebut adalah permintaan yang benar. Karena, kunci utama kemakmuran di NTT adalah air.

"Begitu ada air semua bisa ditanam, tanaman tumbuh,  buahnya diambil daunnya bisa dipakai untuk peternakan.  karena di NTT ini juga sangat bagus untuk sektor  peternakan," kata Presiden.

Bendungan Napun Gete kata Presiden, sangat dibutuhkan di wilayah kabupaten Siakk. Bendungan seluas 99 hektar tersebut bisa menampung air 11,2 juta meter kubik.
Bendungan tersebut bisa mengairi 300 hektar.

"Ini kan sebuah lompatan yang tidak kecil tetapi produktivitas itu harus benar-benar dimunculkan, jangan hanya pertaniannya saja, limbah pertanian, bisa dipakai untuk makanan ternak," katanya.

Hadir mendampingi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam kegiatan ini, sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat serta Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Kegiatan ini diamankan oleh gabungan personel TNI POLRI yang tergabung dalam Satgas PAM VVIP dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.