Rakernis Humas Polda NTT T.A. 2021, Kapolda NTT Apresiasi Terobosan Pembuatan Produk Layanan TV Radio Polri dan SPIT

Rakernis Humas Polda NTT T.A. 2021, Kapolda NTT Apresiasi Terobosan Pembuatan Produk Layanan TV Radio Polri dan SPIT

Bidang Humas Polda NTT menggelar kegiatan Rakernis Fungsi Humas TA. 2021 di hotel Silvia Kupang, Rabu (23/6/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini mengangkat tema "Bidang Humas Polda NTT, Siap Mewujudkan Transformasi Menuju Polri yang Presisi".

Membawakan amanat Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan guna menyampaikan arah kebijakan pimpinan Polri agar dapat sampai kepada ujung tombak kewilayahan.

"Saat ini jajaran Polri sedang melaksanakan transformasi menuju Polri yang presisi yang diwujudkan melalui empat kebijakan yakni transformasi organisasi, transformasi operasional, transformasi publik dan transformasi pengawasan. Pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan ke selurpuh jajaran agar Polri mampu menakar tingkat gangguan kamtibmas" ujar Kabidhumas Pomda NTT.

Sebagai pimpinan Polda NTT, Kapolda NTT meminta jajaran Polda NTT untuk memiliki komitmen yang kuat dan secara konsisten melaksanakan peta jalan/road map yang sudah disusun untuk menjawab harapan masyarakat dengan mewujudkan Polri yang presisi dengan outcome peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Kapolda NTT menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Humas Polda NTT dalam terobosan pembuatan produk layanan TV Radio Polri, yang dikirim setiap hari, pengelolaan Informasi Terpadu (SPIT) yang memuat konten narasi, foto, video, info grafis, sebagai big data yang perlu dikembangkan maksimal dan berkelanjutan serta pelatihan cameramen dan fotografer untuk personel Humas Polres Polda NTT.

"Di era Post Truth saat ini dengan adanya pergeseran sosial yang melibatkan media arus utama dan pembuat opini, aktivitas komunikasi harus dikelola dengan tepat. Maka Humas Polri merupakan bagian yang tepat yang bertugas untuk mengelolanya"tambah Kabidhumas.

Segala macam informasi yang menyangkut keberadaan dan operasional organisasi Polri, arus keluar masuknya informasi harus melalui humas. 

"Dalam kaitan ini Humas Polri dipandang memiliki fungsi vital sebagai suatu jembatan (bridge) antara internal organisasi maupun organisasi dengan publik. Dari Humas Polri inilah pimpinan dapat menerima dan mengolah informasi yang ada untuk kemudian dilakukan pengambilan keputusan strategis dalam rangka mendukung keberhasilan tugas-tugas kepolisian"tandasnya.

Untuk diketahui kegiatan Rakernis Humas ini di ikuti oleh para peserta pengemban fungsi dari dari Satker dan Polres Jajaran Polda NTT yang mengahadirkan narasumber dari wartawan senior dan youteber milenial NTT Kaboax.