Selenggarakan Kegiatan Donor Darah, Kapolda NTT:Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Selenggarakan Kegiatan Donor Darah, Kapolda NTT:Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.H., mengikuti kegiatan Bakti Kesehatan Polri yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 75, HUT Dokkes Polri ke 75, Hari Jadi RSB Kupang ke 54 dan HUT Polwan ke 73, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan bhakti kesehatan Polri ini meliputi kegiatan donor darah, khitanan massal, pengobatan umum/spesialis dan vaksinasi covid 19 massal. Khusus hari ini yang diselenggarakan di lobbi Mapolda NTT adalah kegiatan donor darah yang melibatkan TNI.

Sebelum melaksanakan donor darah, para peserta terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan.

Dalam kegiatan ini Polda NTT bekerja sama dengan PMI NTT dan menyiapkan tim dokter dari Rumah Sakit Bhyangkara Titus Uly Polda NTT serta Biddokkes Polda NTT.

Kapolda NTT bersama pejabat utama Polda NTT juga turut ambil bagian dalam menyumbangkan darahnya bagi masyarakat NTT.

Dalam amanatnya Kapolda NTT mengatakan bahwa rangkaian kegiatan hari bhayangkara sudah mulai dilakukan dan puncaknya adalah upacara dan syukuran seperti yang sudah ditetapkan oleh Kapolri bahwa akan dilakukan secara virtual.

“Rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara tetap dilaksanakan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hari ini ini juga dilaksanakan kegiatan donor darah dan bhayangkari juga melakukan kegiatan tersebut dalam rangka HKGB yang ke 69. Saya kira ini juga hal yang sangat baik dan positif dan terima kasih juga kepada bhayangkari yang selama ini juga sangat aktif membantu dinas Polri dalam kegiatan-kegiatan bakti sosial dan bencana alam kemarin”ujar Kapolda NTT.

Dari hasil kegiatan donor  yang dilakukan hari ini tercatat 146 orang mendaftar namun hanya 83 orang (83 katung darah) yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk menambah cadangan stok darah yang ada di NTT. Dengan adanya pandemic covid 19 ini banyak saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan transfusi darah semoga dapat tercukupi”harap Kapolda NTT.

Untuk diketahui kegiatan donor darah ini dan pelaksanakan apel Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta pembentukan komunitas penyintas Covid 19 ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bhayangkara yang ke 75.

“Kita mulai dari Indonesia Timur dengan membentuk komunitas penyintas covid 19 dan relawan  untuk membantu. Mereka memiliki anugerah dari Tuhan karena memiliki plasma convalesen yang tidak dimiliki oleh orang yang tidak pernah terpapar covid 19. Mereka bisa mendonorkan plasmanya untuk membantu sesame, itulah keadilan dari Tuhan disisi lain Ia memberi kita cobaan tapi juga memberikan sesuatu yang langka tidak dimiliki orang lain”Pungkas Kapolda NTT.