Ceramah Kamtibmas di Sekolah Seminari Mataloko, Kapolda NTT Sampaikan Peran dan Fungsi Kepolisian di Tengah-tengah Masyarakat

Ceramah Kamtibmas di Sekolah Seminari Mataloko, Kapolda NTT Sampaikan Peran dan Fungsi Kepolisian di Tengah-tengah Masyarakat

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., melakukan kunjungan ke Sekolah Seminari Mataloko (Sekolah Calon Imam Katolik), Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Sabtu (18/2/2023).

Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan Ceramah Kamtibmas kepada para siswa/siswi sekolah Seminari Mataloko.

Ikut mendampingi, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si., Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono, M.M., Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, SST., M.K., dan Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K.

Tiba di Sekolah Seminari Mataloko, Kapolda NTT disambut oleh tarian ja'i khas Bajawa oleh pelajar Seminari Mataloko dan SMAK Thomas Aguino Mataloko serta Pengalungan selendang dan pemasangan Sarung dan pedang adat Bajawa oleh Romo Preses Seminari Rm. Martinus Uwa, PR dan biarawan.

Selanjutnya, Kapolda bersama Rombongan memasuki ruangan Pertemuan Ceramah Kamtibmas dan disambut oleh para siswa-siswi yang berasal dari Seminari St. Berkhmans Todabelu Mataloko dan SMK Kartini Mataloko yang berjumlah 250 orang.

Kegiatan Ceramah diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Doa Pembuka secara bersama oleh Siswa Seminari St. Berkhmans Todabelu Mataloko.

Ceramah Kamtibmas dimulai dengan sapaan pembuka  oleh Romo Preses Lembaga Seminari St. Berkhmans Todabelu Mataloko Tinus,Pr. dengan menyampaikan ucapan Selamat datang Kepada Bapak Kapolda NTT bersama Rombongan, serta menyampaikan gambaran umum terkait situasi Lembaga Pendidikan seminari St.  Berkhmans Todabelu Mataloko.

Dalam ceramahnya Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, berharap para pelajar selalu fokus pada tujuan yang ingin dicapai, serta memberikan kunci menuju kesuksesan.

Kapolda NTT juga menyampaikan hal - hal tentang peran dan fungsi Kepolisian di tengah - tengah masyarakat.

"Polri selalu membantu masyarakat dalam segala situasi serta berbagai persoalan yang membutuhkan kehadiran Polri dan Polri juga selalu bekerja berdasarkan peraturan dan Perundang - undangan dengan tujuan memberikan keamanan, kenyamanan dan ketertiban di tengah - tengah masyarakat", terang Kapolda NTT.

"Secara umum tugas pokok Polri, adalah sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom, pelayanan masyarakat, dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat", tambahnya.

Kapolda juga mengharapkan agar para pelajar selalu mendukung Polri dalam melaksanakan tugas terutama dalam memelihara kamtibmas, melalui tertib dan patuh hukum mulai dari diri dan lingkungan sekitar.

Usai memaparkan tugas pokok Polri dan himbauan Kamtibmas, Kapolda NTT memberikan peneguhan, penguatan, Nasehat, semangat, motivasi dalam menempuh pendidikan

“Ini sekolah untuk mencetus calon imam, maka fokuslah pada tujuan, tertib itu mulai dari diri kita, disiplin diri, buatlah aturan untuk masing diri, mulai dari bangun pagi sampai aktifitas selesai”, harapnya.

Sebagai pelajar harus fokus pada tujuan serta tidak terpengaruh hal-hal lainnya.

“Jadilah imam, imam yang hebat, imam yang pintar, cerdas, imam yang berkarakter, imam yang menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi”, tegasnya.

“Jangan takut berkompetisi dengan putra daerah lain, berkompetisi dengan sehat, belajar keraskeras sehingga kita mampu bersaing atau tidak kalah dengan saudara-saudara kita didaerah lainlain yang lebih maju”, lanjutnya.

Tidak ada sesuatu yang gratis, semua perlu dengan kerja keras, perlu tekad, perlu komitmen, perlu fokus pada tujuan, disiplin, berdoa kuat.

“Apa yang dicita-citakan agar selalu mempersiapkan diri dengan baik, jangan liat kiri kanan selalu fokus pada tujuan, apa lagi dengan era saat ini banyak gangguan terutama adalah Handphone, yang sangat menyita banyak waktu dengan mengakses media sosial, Facebookan dan Game, padahal kalau di gunakan waktu itu untuk membaca buku bisa 20 halaman lebih bisa dibaca”, pintanya.

Kapolda NTT memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi Sekolah Seminari Mataloko melarang para komunitas nya/pelajar memegang Handphone, handphone para pelajar dikumpulkan oleh pengurus Seminari

Usai ceramah Kamtibmas Kapolda NTT memberikan tantangan kepada para pelajar untuk merangkum ceramah kamtibmasnya dengan menggunakan bahasa Inggris selama 5 menit

Yang paling bagus diberikan hadiah berupa Handphone dan hadiah lainnya bagi yang belum sempurna memaparkan ceramah dalam bahasa Inggris.

Usai kegiatan Ceramah Kamtibmas, kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Karo SDM Polda NTT yang memberikan gambaran bagi para pelajar tahapan seleksi calon anggota Polri mulai dari tinggkat Perwira sampai Tamtama Polri.