H-1 Jelang Pencoblosan, Kapolres Alor dan Ketua Bawaslu Alor Lakukan Sosialisasi Pengamanan dan Pengawasan Pemilu 2024 Melalui RRI Alor

H-1 Jelang Pencoblosan, Kapolres Alor dan Ketua Bawaslu Alor Lakukan Sosialisasi Pengamanan dan Pengawasan Pemilu 2024 Melalui RRI Alor

Tribratanewsalor.com, - Berlangsung kegiatan dialog interaktif yang membahas tentang Pengamanan dan Pengawasan H - 1 Jelang Pemilu 2024. Dalam kegiatan tersebut, Egi Araujo sebagai pewawancara, sementara narasumbernya adalah Kapolres Alor, AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M., dan Ketua Bawaslu Kabupaten Alor, Bapak Orias Langmau, S.E, Selasa pagi (13/02).

Kapolres Alor, dalam penyampaian beliau, menegaskan bahwa pihak Polres Alor telah melakukan pengamanan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Alor ke PPK. Proses ini dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 10 hingga 12 Februari 2024, dan dalam upaya mengantisipasi potensi kerawanan, Polres Alor juga telah melakukan pemetaan daerah rawan kamtibmas dan menempatkan personilnya di semua TPS. Harapannya, partisipasi aktif masyarakat dapat mengawal pelaksanaan pemilu sehingga prosesnya berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Alor menegaskan pentingnya peran masyarakat dalam pengawasan pemilu. Dalam masa tenang, pencoblosan, dan perhitungan surat suara, apabila ditemukan adanya pelanggaran seperti Money Politik, masyarakat dihimbau untuk segera melaporkannya kepada Bawaslu Kabupaten Alor. Hal ini juga menjadi tanggung jawab Panwascam dan Panwas Desa.

Bawaslu menegaskan bahwa pengawasan pemilu dilakukan dengan dua strategi besar, yaitu pencegahan dan penindakan. Mereka akan mengambil tindakan terhadap oknum-oknum yang melakukan pelanggaran pemilu. Ketua Bawaslu juga meminta Dukungan dari semua stakeholder, termasuk masyarakat untuk menciptakan situasi pemilu 2024 yang damai.

Kegiatan sosialisasi tersebut diakhiri pada pukul 10.00 WITA. Pihak Bawaslu, Kapolres, Dandim, dan Kejari berencana melakukan patroli dan pengecekan TPS di wilayah Kabupaten Alor, yang akan dimulai dari Kecamatan Teluk Mutiara. Semua langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.