Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Alor Gelar Apel Gelar Pasukan Turangga 2022

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Alor Gelar Apel Gelar Pasukan Turangga 2022

Tribratanewsalor.com- Bertempat di lapangan Apel Mako Polres Alor, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., selaku Inspektur Apel  memimpin Jalannya Apel gelar Pasukan Turangga 2022 Kamis pagi (22/12), yang mana Apel gelar Pasukan di ikuti oleh Anggota Polres Alor beserta Instansi Terkait.

Dalam gelaran Apel tersebut Kapolres Alor menyematkan tanda pita Operasi kepada perwakilan penyematan yang di wakili oleh anggota Kodim 1622 alor, anggotq Polres Alor, anggota Satpol PP Pemkab Alor dan anggota Dishub kabupeten Alor sebagai tanda bahwa operasi lilin turangga 2022 sudah di mulai.

Kapolres Alor membacakan amanat dari bapak Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit dihadapan para peserta apel yang isinya menandaskan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif, lanjutnya  Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan Tahun Baru ini betul-betul disiapkan agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman terkait kejahatan konvensional. Berdasarkan anev tahun 2021, kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional. Melihat hal tersebut, tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian dan terkait  Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius. Perlu saya tekankan, bahwa aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi. Maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi-aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan. Imbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga. Apabila terdapat upaya spekulan, lakukanlah gakkum secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, guna memastikan ketersedian stok BBM, serta pastikan berbagai layanan pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik Sedangkan  para perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama stakeholder terkait, dengan penyelenggara dan terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban .

Setelah pelaksanaan Apel tersebut Kapolres Alor bersama Forkopimda Kabupaten Alor melakukan pemusnahan Minuman Keras (Miras) sebanyak 1.600 liter yang diamankan Polres Alor selama pelaksanaan Operasi pekat menjelang perayaan Natal Dan Tahun Baru.