Kapolres Alor Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Kapolres Alor Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Tribratanewsalor.com – Bertempat di Aula Bharadaksa Polres Alor, digelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Turangga 2023 dalam rangka pengamanan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Rapat yang strategis ini dipimpin langsung oleh Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M., didampingi oleh Pasi Log Kodim 1622 Alor KAPTEN INF. Samuel Ulle, Kamis pagi (21/12).

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam rapat tersebut adalah arahan dari Ketua MUI Kabupaten Alor, yang menekankan pentingnya melibatkan Remaja Masjid dan Organisasi Islam dalam pelaksanaan pengamanan Ibadah Natal dan Tahun Baru. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan rasa toleransi di kalangan masyarakat.

Kapolres Alor menyatakan bahwa Polres Alor terbuka terhadap partisipasi Ormas Islam dan Remaja Masjid dalam pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru. Namun, ia menegaskan pentingnya koordinasi terlebih dahulu untuk menghindari permasalahan terkait perlibatan anggota ormas dan remaja masjid dalam kegiatan pengamanan.

Tak hanya itu, Kapolres Alor juga meminta agar PT. PLN Kalabahi memberikan informasi segera kepada Kepolisian jika terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan Ibadah Natal dan Tahun Baru. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir protes berlebih dari masyarakat akibat pemadaman yang tidak terduga.

Kapolres mengapresiasi kinerja Bulog yang telah melakukan pengendalian harga kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Alor. Permintaan untuk melaksanakan patroli di area Perum Bulog dan Pertamina selama pelaksanaan Ibadah Natal dan Tahun Baru pun disampaikan kepada Personil Polres Alor.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyampaikan bahwa Polres Alor akan melakukan operasi rutin terkait penjualan petasan. Penjualan petasan yang tidak sesuai dengan izin yang diberikan dapat mengakibatkan penyitaan dan penindakan terhadap para penjual petasan.

Kepala Bulog Kancapem Kalabahi, Deni Prasetyawan, memberikan informasi bahwa ketersediaan stok beras Bulog Kalabahi selama bulan Desember mencapai sekitar 660 ton. Ia menjamin bahwa ketersediaan beras selama Natal dan Tahun Baru masih aman. Bulog juga telah menyalurkan 20 ton beras SPHP kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara untuk menjaga stabilitas harga beras, minyak goreng, dan gula menjelang hari raya.

Kapolres Alor menutup rapat dengan mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum akibat konsumsi miras berlebih. Selain itu, ia telah mengingatkan para pemimpin rumah ibadah agar tidak memanfaatkan tempat ibadah sebagai tempat kampanye. Bhabinkamtibmas diminta untuk mengaktifkan kembali Siskamling guna meminimalisir gangguan Kamtibmas yang dapat disebabkan oleh konsumsi miras dan penggunaan knalpot racing yang menganggu masyarakat sekitar.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan perwakilan dari berbagai instansi, termasuk Kabag Ops Polres Alor AKP Abdulrahman Aba Mean, S.H., Kasat Sabhara Polres Alor AKP Onnan Ndolu, S.H., Kasat Lantas Polres Alor IPTU Roby Buu, S.H., Kasat Pol Air Polres Alor IPTU Kasman Sara, Dan Pos AL KAPTEN Laut (P) Sriyono, Danki Brimob Kompi A IPTU Nardi Irawan, Kepala KSOP Kelas IV Kalabahi Syamsudin, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Alor Merianus Y. Adang, Ketua MUI Kabupaten Alor H. Muhammad Bere, Ketua PHDI I Made Warta, S.E., Kepala Bulog Kancapem Kalabahi Deni Prasetyawan, Staf PT. Pertamina Kalabahi Ricky Arianto, Menejer MULP PLN Kalabahi Melianus Tefu, Sekretaris PC Ansor Alor Irwansyah, dan Perwira Staf Polres Alor.