Optimalisasi Tugas Kepolisian Guna Mendukung Pemkab Alor Dalam Pelestarian Underwater World

Optimalisasi Tugas Kepolisian Guna Mendukung Pemkab Alor Dalam Pelestarian Underwater World

Tribratanewsalor.com – Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K Bersama Ketua Bhayangkari Cabang Alor Ny. Vanessa Christmas, anggota Polair dan Thresher Shark Project Indonesia  melakukan gerakan perlindungan Tresher Shark atau Hiu Tikus di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Rabu Pagi (30/09).

Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K ikut hadir dalam kegiatan dari Thresher Shark Project Indonesia dalam rangka identifikasi dan menjaga populasi Hiu Tikus di laut Alor dengan cara memasang teknologi pemantauan melalui satelit (Chip).

“Konservasi Hiu Tikus ini guna melihat seberapa banyak Hiu Tikus yang berada di lautan alor dalam upaya pelestarian underwater life di Alor yang luar biasa” Ujar Kapolres.

Kegiatan diawali dengan memancing hiu tikus oleh para nelayan di pura selatan, proses pemancingan memerlukan waktu kurang lebih 3 jam dan akhirnya salah satu nelayan mendapatkan satu Thresher Shark atau Hiu Tikus dengan Panjang 2 meter lebih, lalu tim dari Thresher Shark Project Indonesia langsung memasang tag/chip akustik pada sirip Hiu lalu dilepas kembali.

"Tujuan dari pemasangan tag adalah untuk memonitor pergerakan hiu tikus di kawasan konservasi perairan Alor. Rencana lanjutannya adalah untuk memasang alat penerima sinyal akustik (receiver) di beberapa lokasi penyelaman. Data ini harapannya bisa membantu pemerintah setempat untuk keperluan pengelolaan hiu tikus di Alor," Kata tim Thresher Shark

Data dari chip/tag tersebut akan memberikan informasi wilayah mana saja yang menjadi habitat penting bagi hiu tikus di Alor. Sehingga jika lokasi tersebut ditemukan, harapannya lokasi tersebut dapat dilindungi dari ancaman/gangguan seperti penangkapan perikanan, aktivitas yang mengancam keberadaan hiu tikus dan dari data tag tersebut juga bisa berguna untuk aktivitas pariwisata, misal jam berapa hiu tikus biasa terlihat di kawasan penyelaman, pada bulan apa dan seterusnya.

“kita bersama – sama dengan masyarakat harus mendukung kegiatan – kegiatan dari tim Thresher Shark Project Indonesia yang bermaksud untuk melestarikan Thresher Shark atau Hiu Tikus dari kepunahan yang berada di Lautan Alor,” tutup Kapolres.