Pentahbisan Uskup Agung Kupang 2024: Polda NTT Turunkan 908 Personel Untuk Pengamanan

Pentahbisan Uskup Agung Kupang 2024: Polda NTT Turunkan 908 Personel Untuk Pengamanan

Polda NTT akan melaksanakan tugas pengamanan yang sangat penting, yaitu Pentahbisan Uskup Agung Kupang. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 10 Mei 2024, yang akan dilaksanakan di Gereja St. Yoseph dan Gereja Paroki Kristus Raja Katedral Kupang.

Dalam upaya menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif selama acara berlangsung, Polda NTT telah mengambil langkah-langkah yang mengkolaborasikan semua fungsi kepolisian, diantarnya fungsi preemtif, preventif, dan gakkum, untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sebelum, pada saat, dan setelah acara Pentahbisan Uskup Agung Kupang.

Acara tersebut akan dihadiri oleh Tamu VVIP seperti Duta Vatikan, Kardinal Jakarta, Kardinal RDTL, Tamu VIP yang terdiri dari 43 Uskup Seluruh Indonesia, Para Imam Pendamping Uskup, Forkompimda, dan Umat sebanyak 5000 hingga 8000 orang.

Untuk menjaga keamanan acara tersebut, Polda NTT telah menyiapkan sebanyak 908 personel gabungan dari TNI dan Polri. 908 personel tersebut terdiri dari personel Polda NTT sebanyak 347 pers, Polresta Kupang Kota 206 pers, Polres Kupang 66 pers, serta penebalan personel seperti Brimob, Samapta, dan polwan sebanyak 214 pers, dan juga personel TNI sebanyak 75 pers. Personel tersebut terbagi menjadi beberapa Satuan Tugas, yaitu Satgas Preventif, Satgas Preemtif, dan Satgas Gakkum.
Personel gabungan ini akan melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup terhadap tamu VVIP dan VIP, patroli pam obyek/lokasi, sterilisasi dan himbauan kamtibmas, penyediaan bantuan medis dan pelayanan kesehatan, serta rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada ruas jalur tertentu sesuai kebutuhan.

Langkah-langkah yang diambil Polda NTT ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan pentahbisan Uskup Agung Kupang.

Dengan persiapan yang matang dan kolaborasi antara semua pihak terkait, diharapkan acara Pentahbisan Uskup Agung Kupang tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh umat.