Polda NTT Segera Lantik 200 Anggota Satuan Pengamanan Siap Tugas

Polda NTT Segera Lantik 200 Anggota Satuan Pengamanan Siap Tugas

Pelaksanaan kegiatan pelatihan Gada Pratama Satuan Pengamanan Gelombang I di wilayah Kota Kupang tinggal tiga hari lagi jelang penutupan. Namun proses pembelajaran dan pembekalan kepada para peserta masih terus dilakukan, di gedung Pramuka Penfui Kota Kupang.  Hal tersebut seperti terpantau pada hari ini, Sabtu (22/1/22), 

"Hari ini para peserta pelatihan kami bekali dengan pelajaran Tugas Pokok Satpam dan sore ini dilanjutkan dengan latihan PBB"ujar Aipda Goris Toa salah satu gadik dari Ditbinmas Polda NTT.

Dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pengembangan fungsi kepolisian terbatas, Satpam berperan sebagai unsur pembantu pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah, penggunaan Satpam di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan/tempat kerjanya.

Satpam juga merupakan unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan (security mindedness dan security awareness) di lingkungan/tempat kerjanya.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini para peserta pelatihan Satpam dapat mengetahui tugas pokoknya dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya”tambahnya.

Dijadwalkan, kegiatan pelatihan Satpam ini mulai tanggal 10 Januari dan akan ditutup pada tanggal 25 Januari 2022.

Para pengajar/instruktur berjumlah 23 orang dari Satker Mapolda NTT dan tiga regu dari Ditbinmas Polda NTT yang berjumlah 12 orang.

Sementara peserta Satpam yang menjalani pelatihan kali ini berjumlah 200 orang yang terdiri dari 196 peserta laki-laki dan 4 orang peserta perempuan. 200 orang peserta ini akan siap melaksanakan tugas di lingkungan tempat kerjanya nanti.

Sebelum mengikuti pelatihan, para peserta diwajibkan mengambil bagian dalam tes swab antigen.

"Bagi masyarakat NTT yang ingin mendaftar sebagai peserta pelatihan silahkan mendatangi Ditbinmas Polda NTT. Persyaratan pendaftaran Satpampun tidak sulit yakni cukup menyiapkan Ijazah Terakhir, KTP, Sidik Jari, Kartu Vaksin dan Swab Antigen 1x24 jam"tandasnya.