Polres Alor Gelar Apel Satkamling Dalam Rangka Meningkatkan Harkamtibmas Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024

Polres Alor Gelar Apel Satkamling Dalam Rangka Meningkatkan Harkamtibmas Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024

Tribratanewsalor.com, - Bertempat di Lapangan Apel Polres Alor berlangsung Kegiatan Apel Satkamling Polres Alor dalam rangka Meningkatkan Harkamtibmas Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024, Bertindak sebagai inspektur Apel Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M dan bertindak selaku Komandan Apel KBO Sat. Binmas Polres Alor IPDA Adonia Tangpada

Pada kesempatan tersebut Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia di antaranya “Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa,”

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M. memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan pemenang Lomba Satkamling Tingkat Polres Alor.

Hadir dalam kegiatan Apel Satkamling para Kabag, Kasat, Kasie, Seluruh Perwira Polres Alor, personil Polres Alor, satu peleton Linmas dan Satu Peleton Ka poskamling dan Anggota Sat. Kamling.