Polsek Alor Selatan Gelar Patroli Pengamanan di Pasar Rakyat Apui

Polsek Alor Selatan Gelar Patroli Pengamanan di Pasar Rakyat Apui

Tribratanewsalor.com, - Pada hari Rabu, tanggal 29 Mei 2024, pukul 09.00 WITA, bertempat di Pasar Rakyat Apui, Kelurahan Kelaisi Timur, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor, Polsek Alor Selatan melaksanakan kegiatan sambang sekaligus patroli pengamanan aktivitas pasar. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Alor Selatan IPDA Agustinus S. Eban, S.H., dan melibatkan beberapa personel, termasuk Kasium AIPDA I Dewa Gede Wijana, Kanit Binmas AIPDA Bobby A. Riwu, Ka SPK B AIPDA Daniel Malailak, Kanit Samapta AIPDA I Wayan Juliana, Kanit Intelkam BRIPKA Florianus M. Boro, dan Benma SKCK BRIPTU Rachmad R. Pane.

Setibanya di lokasi pasar, Kapolsek bersama anggota melakukan patroli di area seputaran pasar untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung serta pedagang. Dalam pelaksanaan patroli, Kapolsek dan anggota berinteraksi dengan pengunjung serta pedagang untuk mengetahui situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) di lokasi pasar dan tempat tinggal masing-masing.

Dalam interaksinya dengan masyarakat, Kapolsek Alor Selatan menyampaikan beberapa pesan penting agar Tidak boleh mengkonsumsi minuman keras di area pasar, karena dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dan berdampak pada tindak kejahatan. Tidak diperbolehkan melakukan praktik perjudian di kawasan pasar; jika ditemukan, akan ditindak tegas, Menjaga kebersihan lingkungan pasar, agar aktivitas jual beli dapat berjalan dengan nyaman, Memarkir kendaraan pada tempat yang telah ditentukan, agar tidak menimbulkan kemacetan bagi pengguna jalan lainnya.

Hasil dari patroli menunjukkan bahwa tidak ditemukan kegiatan ilegal seperti konsumsi minuman keras dan praktik perjudian di area pasar. Patroli pengamanan aktivitas pasar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Polsek Alor Selatan dan Pol Sub Sektor Padang Alang untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat melakukan transaksi jual beli. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah bentuk kejahatan di area pasar serta mengantisipasi gangguan kamtibmas.

Kapolsek Alor Selatan, IPDA Agustinus S. Eban, S.H., menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan membangun kemitraan dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian. "Kami berharap dengan adanya patroli rutin ini, masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas di pasar," ujarnya.