Polsek Alor Selatan Laksanakan Patroli dan Sambang di Pasar Rakyat Apui untuk Menjaga Keamanan

Polsek Alor Selatan Laksanakan Patroli dan Sambang di Pasar Rakyat Apui untuk Menjaga Keamanan

Tribratanewsalor.com, Polsek Alor Selatan menggelar kegiatan sambang sekaligus patroli pengamanan aktivitas pasar di Pasar Rakyat Apui, Kelurahan Kelaisi Timur, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor. Kegiatan ini dipimpin oleh Ka SPK A AIPDA Hikmawan A. Bachtiar, bersama dengan Kanit Samapta AIPDA I Wayan Juliana, dan Benma SKCK BRIPTU Rachmad R. Pane, Kamis pagi (11/07).

Setiba di lokasi, anggota Polsek Alor Selatan langsung melakukan patroli di area sekitar pasar untuk memastikan keamanan dan kenyamanan baik bagi pengunjung maupun pedagang. Dalam pelaksanaan patroli, anggota Polsek Alor Selatan juga berinteraksi dengan pengunjung dan pedagang untuk mengetahui situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) di lokasi pasar serta di tempat tinggal mereka masing-masing.

Dalam interaksi tersebut, anggota Polsek Alor Selatan menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi minuman keras di area pasar karena dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban serta berdampak pada tindak kejahatan. Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa praktek perjudian di kawasan pasar tidak dibenarkan dan akan ditindak tegas jika ditemukan.

Masyarakat juga diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar sehingga aktivitas pasar dapat berjalan dengan nyaman. Selain itu, teguran juga diberikan kepada pelajar agar tidak menumpang kendaraan umum pada atap mobil atau bergelantungan di belakang mobil demi antisipasi kecelakaan dan menjaga keselamatan penumpang kendaraan umum.

Dari hasil patroli, tidak ditemukan kegiatan yang bersifat ilegal seperti aktivitas mengkonsumsi minuman keras dan praktek perjudian di sekitar area pasar. Patroli pengamanan aktivitas pasar ini merupakan kegiatan rutin Polsek Alor Selatan dan Pol Sub Sektor Padang Alang dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman saat masyarakat melakukan transaksi jual beli barang serta mencegah bentuk kejahatan di area pasar.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kemitraan dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian. Dengan adanya patroli rutin ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berada di pasar.