Polsek Alor Selatan Lakukan Patroli Pengamanan di Pasar Rakyat Apui: Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman

Polsek Alor Selatan Lakukan Patroli Pengamanan di Pasar Rakyat Apui: Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman

Tribratanewsalor.com, - Pada hari Selasa, 23 Juli 2024, pukul 09.00 WITA, Polsek Alor Selatan menggelar kegiatan sambang dan patroli pengamanan di Pasar Rakyat Apui, Kelurahan Kelaisi Timur, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor. Kegiatan ini melibatkan beberapa personel kepolisian, di antaranya Kanit Res AIPTU Saprudin, Kanit Samapta AIPDA I Wayan Juliana, Ka SPK A AIPDA Hikmawan A. Bachtiar, Ka SPK B AIPDA Daniel Malailak, Kanit IK BRIPKA Florianus M. Boro, Benma SKCK BRIPTU Rachmad R. Pane, dan Ba Polsek Alsel BRIPDA Riksal Ibrahim.

Setiba di lokasi pasar, anggota Polsek Alor Selatan melakukan patroli di seputaran pasar untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung dan pedagang. Selama patroli, mereka juga berinteraksi dengan pengunjung dan pedagang untuk mengetahui situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) di lokasi pasar maupun di tempat tinggal masing-masing.

Dalam interaksi tersebut, anggota Polsek Alor Selatan menyampaikan pesan penting kepada masyarakat. Mereka mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggal, memperhatikan keselamatan saat beraktivitas terutama saat menggunakan peralatan tajam, serta tidak mengonsumsi minuman keras di area pasar karena dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan. Selain itu, setiap pengunjung maupun pedagang diingatkan untuk tidak melakukan praktek perjudian di kawasan pasar, dan apabila ditemukan, akan langsung ditindak tegas. Masyarakat juga diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar agar aktivitas jual beli dapat berjalan dengan nyaman.

Hasil dari patroli ini menunjukkan bahwa tidak ditemukan aktivitas ilegal seperti mengonsumsi minuman keras dan praktek perjudian di sekitar area pasar. Patroli pengamanan aktivitas pasar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Polsek Alor Selatan dan Pol Sub Sektor Padang Alang untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat melakukan transaksi jual beli barang, serta mencegah bentuk kejahatan dan gangguan kamtibmas di area pasar.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kemitraan dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian. Dengan adanya patroli rutin seperti ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di pasar rakyat Apui.