Polsek Pantar Berikan Himbauan dan Sosialisasi Karhutla Kepada Warga

Polsek Pantar Berikan Himbauan dan Sosialisasi Karhutla Kepada Warga

Tribratanewsalor.com, - Personil Polsek Pantar yang dipimpin oleh PS Kanit Binmas Polsek Pantar Aipda Nur Jatmiko melaksanakan kegiatan himbauan dan sosialisasi tentang Karhutla di Desa Wailawar, Kec. Pantar,  Kab. Alor, Rabu pagi (02/08).

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh Polsek Pantar agar masyarakat Desa Wailawar memahami dan sadar terhadap kelestarian hutan sebagai paru-paru dunia, membiasakan dengan menggunakan cara yang baik dan ramah lingkungan dalam memanfaatkan lahan dan hutan agar tidak menimbulkan beberapa dampak negatif yang merusak lingkungan dan menghindari kebiasaan mengelola lahan dan hutan dengan cara membakar karena dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan dan menyebabkan dampak berbahaya kepada manusia, flora, dan fauna.

Dalam kesempatan tersebut, PS. Kanit Binmas Polsek Pantar Aipda Nur Jatmiko memberikan beberapa himbauan kepada Masyarakat Desa Wailawar agar tidak boleh mengelola lahan dan hutan dengan cara membakar karena akan dapat menimbulkan terjadinya kerusakan lingkungan dan gangguan kesehatan.

Selalu menginformasikan kepada Polsek Pantar apabila ada kejadian kebakaran sekecil apapun untuk segera dilakukan tindakan penanganan agar dampaknya tidak meluas.

Apabila ada masyarakat yang menemukan titik api segera mematikannya agar tidak menjalar semakin luas, karena apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan maka banyak segala dampak negatif yang ditimbulkan termasuk gangguan kesehatan terhadap manusia.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tentang Karhutla yang dilaksanakan oleh anggota Polsek Pantar, masyarakat ds. Wailawar memberikan apresiasi dan respons yang positif , sehingga dapat meningkatkan kesadaran agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dalam mengelolanya.