Polsek Pantar Gelar Patroli dan Pengamanan di Pasar Tradisional Kabir

Polsek Pantar Gelar Patroli dan Pengamanan di Pasar Tradisional Kabir

Tribratanewsalor.com, Bertempat di pasar tradisional Kabir, Kelurahan Kabir, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor, anggota Polsek Pantar yang dipimpin oleh PS. KA SPKT I Polsek Pantar, Aipda I Komang Gunawan, melaksanakan kegiatan patroli dan pengamanan serta memberikan himbauan kepada pengunjung pasar, Rabu pagi (10/07).

Kegiatan patroli dan pengamanan pasar ini merupakan kegiatan rutin Polsek Pantar dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung pasar dalam melakukan transaksi jual beli maupun aktivitas lainnya. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya aksi kriminal di lingkungan sekitar pasar. Patroli juga berfungsi sebagai media komunikasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menggali informasi tentang perkembangan situasi kamtibmas di lingkungan pasar dan sekitarnya.

Dalam kegiatan patroli dan pengamanan pasar di Kelurahan Kabir, Kapolsek Pantar memberikan beberapa himbauan dan penekanan kepada para pengunjung pasar. Di antaranya adalah agar menjaga keamanan dan ketertiban dengan tidak mengkonsumsi miras serta menghindari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, sehingga stabilitas kamtibmas di wilayah Kecamatan Pantar dan sekitarnya tetap kondusif.

Kapolsek Pantar juga menghimbau para pengendara roda dua yang masih menggunakan knalpot brong untuk mengganti kembali dengan knalpot standar agar tidak mengganggu ketertiban umum. Jika masih tetap menggunakan knalpot racing, maka akan diambil tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, himbauan tertib berlalu lintas juga disampaikan kepada para pengendara sepeda motor, yakni selalu menggunakan dua helm standar saat berkendara untuk meminimalisir dampak benturan jika terjadi kecelakaan lalu lintas, serta tidak berboncengan lebih dari satu orang untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Kapolsek juga menghimbau agar para sopir dalam mengemudi tidak mengkonsumsi miras untuk menghindari kecelakaan, tetap memperhatikan kapasitas muatan dan keselamatan penumpang. Masyarakat Pantar diharapkan bersinergi dengan Polsek Pantar dalam menjaga kamtibmas dengan menghindari segala perbuatan yang dapat melanggar hukum. Himbauan juga disampaikan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pantar agar selalu waspada terhadap aksi pelaku kejahatan perdagangan orang yang belakangan marak terjadi dan menimbulkan banyak korban jiwa, dengan tidak cepat mempercayai iming-iming seseorang atau kelompok yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri. Masyarakat diharapkan segera melaporkan jika ada aksi atau kegiatan tersebut di wilayahnya ke Nomor Pengaduan Polsek Pantar.

Dengan adanya kegiatan patroli pengamanan dan himbauan di Pasar Kelurahan Kabir, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung pasar dalam melakukan aktivitas di lingkungan pasar dan sekitarnya.