Sinergitas TNI-POLRI untuk ketahanan pangan di Alor

Sinergitas TNI-POLRI untuk ketahanan pangan di Alor

Tribratanewsalor.com - Selasa , 16 ,Februari 2020 tepatnya di Desa Adagain Rt 002 /003 , Desa Air Mancur, Kec. Alor Timur Laut , Kab.Alor, kondisi dipagi itu tidak seperti biasanya lahan garapan yang biasanya diolah para petani setempat , diramaikan personil TNI - Polri yang ikut membantu penanaman bibit padi di lahan garapan warga yang luasnya kurang lebih 5 hektar  

Dimana para personil TNI tersebut diwakili oleh 3 orang Babinsa , Koptu Fransisko Dac.M , Prada Kris Maniata ,dan Prada Musa Glen Bauky , sedangkan dari personil Polsek Alor Timur Laut diwakili oleh Aipda Mus Mulyadi Tallo, kegiatan tersebut memang sengaja diprogramkan untuk mengingat kembali para warga setempat mengoptimalkan lahan garapan sehingga hasil panen para kelompok tani bisa meningkat serta membantu ketahanan pangan di Kabupaten Alor pada, terutama dalam situasi pedemi virus corona yang melanda Indonesia belum dapat diprediksi kapan akan berakhir. Diharapkan dari kegiatan tersebut warga setempat sudah siap menghadapi bilamana terjadi kelangkaan pangan akibat resesi global.

Desa Air Mancur memang ditunjuk sebagai percontohan Kampung Tangguh di Kec. Alor Timur Laut, dimana kedepannya desa tersebut bisa dijadikan  percontohan bagi desa-desa sekitar dengan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan serta tangguh dalam ketahanan pangan .

Kapolsek Alor Timur Laut Iptu Donny Sare,S.H. yang diwawancarai di tempat berbeda menyatakan "bahwa kegiatan yg dilakukan tadi adalah kegiatan menanam padi di desa Air Mancur, desa tersebut yg ditunjuk oleh Dandim 1622 Alor menjadi kampung tangguh untuk ketahanan pangan. selama ini Anggota Polsek ATL senantiasa bersinergi dgn Danposramil bersama dengan para Babinsa memotivasi masyarakat Desa Air Mancur untuk kembali melakukan aktivias di sawah, dan kegiatan tadi merupakan bentuk himbauan yg langsung dipraktekkan di daerah persawahan, ketahanan pangan merupakan salah satu bagian dari ketangguhan masyarakat selain bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan yang merupakan metodologi membentuk sistem sinergitas dalam kampung tangguh", Tutup Kapolsek Alor Timur Laut.