Tingkatkan Kemampuan Anggota, Kabidhumas Polda NTT Buka Kegiatan Pelatihan Desain Grafis

Tingkatkan Kemampuan Anggota, Kabidhumas Polda NTT Buka Kegiatan Pelatihan Desain Grafis

Dalam rangka mewujudkan komitmen Polri selaku badan publik untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, Bidang Humas Polda NTT menyelenggarakan pelatihan desain grafis dan pembuatan konten media sosial tahun 2023, Rabu (22/2/23).

Kegiatan yang diikuti oleh Bintara satker polda dan Bintara sie humas polres jajaran Polda NTT ini diselenggarakan di Sylvia Hotel Kupang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan pelatihan secara resmi oleh Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Dalam sambutannya Kabidhumas Polda NTT mengatakan bahwa perkembangan situasi saat ini dimana percepatan dan ketepatan informasi merupakan suatu kunci dalam menjaga stabilitas kamtibmas di negara kita.

“Memasuki era 4.0 dimana semuanya serba digital, maka kita sebagai anggota Polri yang biasanya melayani secara konvensional sekarang beralih ke digital. Dengan demikian kita wajib mengimbangi kemampuan kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yang kita hadapi sekarang ini adalah generasi Z yang semua serba digital”ujar Kabidhumas dalam sambutannya.

Dikatakannya bahwa banyak kejadian yang mengakibatkan terjadinya gangguan kamtibmas yang berawal dari penyebaran informasi yang berisi Hoax yang berupaya mengadu domba dan provokasi. 

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa media sosial dapat mempengaruhi situasi keamanan, media sosial bisa digunakan untuk hal-hal yang positif seperti mendapatkan informasi dengan cepat, akurat namun bisa juga digunakan untuk hal-hal yang negatif seperti rentan terhadap kesalahpahaman, kejahatan dunia maya (cyber crime), resiko penipuan/pencurian identitas, ujaran kebencian/permusuhan (hate speech), berita bohong (hoax), provokasi terhadap suatu hal dan sebagainya. 

“Pelatihan ini sangat penting bagi anggota. Disadari bahwa Humas Polri saat ini berada di ujung tombak dimana menjaga citra Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berada di pundak Humas. Fungsi Humas ini melekat pada seluruh anggota Polri baik operasional maupun pelayanan”jelasnya.

Diera-digital ini, siapa yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi, dialah yang menguasai dunia.  kini media sosial dan media online telah menjadi sumber utama bagi masyarakat dan bagi siapapun dapat mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia secara real time melalui media sosial dan media online.

“Saya berharap anda sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya diaplikasikan ditempat tugas masing-masing. Pahami bahwa tugas kalian sangat penting”harapnya.

Untuk diketahui pelatihan Desain Gravis kali ini BidHumas Polda NTT menghadirkan tiga orang yang merupakan  Dosen dari Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) Uyelindo Kupang yakni Edwin Ariesto Umbu Malahina, S. Kom, M. T., Yohanes Sunan Belutowe, M. Kom dan Yohanes A. W. Balu, S.Kom.

Ketiga narasumber membawakan materi Pelatihan berupa Pengantar penggunaan konten medsos, Pemanfaatan aplikasi pembuatan konten YouTube, Instagram, Twitter, tiktok dan Facebook. 

Dijadwalkan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai jari ini dan akan ditutup pada tanggal 24/2.