Apresiasi Pemkab Kupang, Kapolda NTT:Tidak Semua Bupati Bisa Berikan Hal Ini

Apresiasi Pemkab Kupang, Kapolda NTT:Tidak Semua Bupati Bisa Berikan Hal Ini

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H meresmikan penggunaan Asrama Polisi Sanika Satyawada Presisi Polres Kupang, Selasa (8/2/2022).

Hadir mendampingi Kapolda NTT, Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyobudi.
Peresmian asrama sebanyak sembilan unit ini juga dihadiri oleh Bupati Kupang, Drs. Korinus Masneno, M. Si dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT.

Asrama Polisi (Aspol) Sanika Satyawada Presisi ini berlokasi di komplek Kantor Satlantas Polres Kupang, Kelurahan Bau-bau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Kupang, Kapolres Kupang dan Kapolda NTT serta pemotongan pita oleh Ketua Bhayangkari Daerah NTT.

Dalam sambutan Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno, M. Si. mengatakan bahwa pembangunan asrama Polisi dilakukan selama 50 hari kalender kerja dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp. 1.412.600.000,-.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Kupang yang telah mendukung kami dalam setiap pelaksanaan kegiatan pemangunan di Kabupaten Kupang. Saya juga sampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Kupang karena kebersamaan yang kuat maka kita telah bersama-sama menetapkan anggaran sebesar Rp. 1.412.600.000,- untuk membangun sejumlah asrama ditempat ini”ujar Bupati Kupang dalam sambutannya.

Menurut Bupati Kupang, pembangunan Aspol ini ini dilakukan semata-mata untuk mendukung tenaga keamanan (Polri) di wilayah Kabupaten Kupang khususnya dalam menyikapi berbagai persoalan-persoalan ketertiban dan keamanan di kabupaten Kupang. Pembangunan ini sebetulnya sudah dilaksanakan dua tahun yang lalu, namun ditunda sebagai akibat dari penanganan covid 19 dan bencana seroja tahun lalu sehingga menyebabkan anggarannya tertunda dan baru ditetapkan pada anggranan perubahan pada tahun 2021.

“Mudah-mudahan asrama yang telah dibangun ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh jajaran Kepolisian Resor Kupang, sehingga dapat membantu dalam menangani berbagai permasalahan yang kami alami”pungkasnya.

Sementara itu Kapolda NTT mengapresiasi pemerintah daerah Kabupaten Kupang yang sudah berpartisipasi dalam mendukung jajaran Polres Kupang melalui pembangunan Aspol bagi anggota.

“Bicara masalah kebutuhan ada tiga macam yaitu Sekunder, tersier dan Primer. Primer dibagi lagi yakni sandang pangan dan papan. Hari ini Pak Bupati sudah memberikan kebutuhan primer dalam bentuk papan kepada Polres Kupang. Kita apresiasi hal ini, luar biasa. Tidak semua Bupati bisa memberikan hal seperti ini, saya lihat dari story nya dari tahun 2019 itu sudah diajukan. Pantang menyerah, sampai akhirnya terealisasi pembangunan Aspol ini dengan bentuk dua coupel tipe 36 berjumlah Sembilan unit”ujar Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa dengan segala keterbatasan yang ada di pemerintah daerah terutama yang ada di Polres dan di Kodim, tapi dengan kepiawaian Bupati bisa menyelipkan sebuah anggaran untuk pengadaan pembangunan aspol ini dan hasilnya sangat luar biasa.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah ini segala sesuatunya sesuai, bisa nanti dimanfaatkan oleh anggota yang membutuhkan. Pesan saya, nanti disampaikan kepada Kapolres yang baru, ini yang menempati statusnya harus jelas. Ada beberapa keluarga yang diprioritaskan mungkin karena kondisi sesuatu dan hal lainnya tidak mampu dan tidak punya rumah atau hal lainnya bisa diberikan tempat ini. Setelah itu baru pertanggungjwabannya, bagaimana merawat hunian tersebut. Tampilannya harus seragam, sehingga indah. Saya harap legacy (warisan) yang ditinggalkan Kapolres Kupang bisa terjaga”pungkas Kapolda NTT.