Buka Dikbangspes Harkamtibmas Lima FT. Kepolisian T.A. 2022, Ka SPN Polda NTT : Manfaatkan Waktu yang Berharga ini Seoptimal Mungkin

Buka Dikbangspes Harkamtibmas Lima FT. Kepolisian T.A. 2022, Ka SPN Polda NTT : Manfaatkan Waktu yang Berharga ini Seoptimal Mungkin

Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.ST, M.K., membuka Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (Dikbangspes) Harkamtibmas Lima Fungsi Teknis Kepolisian T.A. 2022, bertempat di Aula SPN Polda NTT, Senin (10/1/2022) pagi.

Kegiatan upacara ini dihadiri oleh tenaga pendidik berjumlah 20 orang dan pengasuh 10 orang serta sebanyak 150 perserta Bintara Dikbangspes lima FT. yakni fungsi teknis Reskrim, Intelkam, Sabhara, Lantas dan Binmaa T.A. 2022.

Dalam sambutan Ka SPN Polda NTT mengatakan bahwa menyikapi situasi dan kondisi perekonomian saat ini akibat dampak dari pandemi covid 19 mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan mata pencarian yang mana berimbas dengan meningkatnya tindak pidana dan mudahnya masyarakat melakukan tindak kejahatan, ditambah dengan kebijakan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan membuat kondisi msayarakat semakin sulit.

"Situasi dan kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, dan menyikapi hal tersebut, Polri dituntut untuk melakukan langkah – langkah proaktif, melalui berbagai upaya premtif, preventif, maupun penegakan hukum, sehingga konduktivitas kamtibmas dapat terus terjaga serta masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktifitas kehidupan sehari – hari", ujar Ka SPN Polda NTT.

Dikatakannya, Untuk dapat menjaga keamanan dan ketertimaban masyarakat, Polri perlu penyiapan personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan permasalahan masyarakat baik dalam upaya pendekatan melalui babhinkamtibmas, kemampuan dalam melakukan negosiasi maupun kemampuan penanganan konflik sosial masyarakat secara humanis melalui Dikbangspes di Lembaga Pendidikan Polri.

"Selama proses Dikbangspes nanti, saudara akan diberikan berbagai pengetahuan keterampilan yang berkaitan dengan jenis dikbangspes yang saudara ikuti sehingga dengan proses dikbangspses yang relatif singkat peserta dituntut untuk serius dan bersungguh – sungguh dalam menyerap seluruh materi yang akan  diberikan dan manfaatkan waktu yang berharga ini seoptimal mungkin, untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta karakter yang saudara miliki", katanya.

"Tanamkanlah semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi, bahwa tujuan saudara selama berada dilembaga pendidikan ini adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri, agar dapat menjadi insan Polri yang profesional dan humanis", harapnya.

Ka SPN juga meminta kepada perserta Dikbangspes untuk selalu patuhi ketentuan yang berlaku selama mengikuti kegiatan Belajar.

"Patuhilah seluruh ketentuan yang berlaku, tingkatkan semangat, kesungguhan, disiplin dan rasa tanggungjawab serta ciptakan komunikasi yang iteraktif dan konstruktif dengan tutor / instuktur dan sesama peserta dikbangspes agar saudara dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh proses pelatihan ini dengan baik", pintanya.

Diakhiri sambutannya, Ka SPN menekankan kepada perserta agar selalu patuhi dan tertib protokol kesehatan, tidak keluar kesatriaan dan tidak menerima kunjungan dari orang atau teman yang tidak kita ketahui kondisi kesehatannya sehingga dapat mencegah terjadinya cluster baru di lembaga pendidikan.

"Dilarang mengkonsumsi minuman keras / beralkohol dan obat – obat terlarang serta berjudi dalam bentuk apapun selama mengikuti pelatihan serta ikuti kegiatan proses belajar mengajar dengan baik dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun", tandasnya.

Untuk diketahui Dikbangspes ini berlangsung Selama 22 hari terhitung dari hari ini tanggal 10 Januari sampai dengan 31 Januari 2022 mendatang.