Ditlantas Polda NTT Gelar Penling Imbau Prokes dan Tertib Berlalulintas Bagi Pengguna Jalan di Seputaran Kota Kupang

Ditlantas Polda NTT Gelar Penling Imbau Prokes dan Tertib Berlalulintas Bagi Pengguna Jalan di Seputaran Kota Kupang

Personel Subdit Kamsel (Keamanan Keselamatan) Ditlantas Polda NTT menggelar Penerangan Keliling (Penling) di seputaran Kota Kupang mulai dari depan SMA 3 Kota Kupang, Kampus Undana Penfui dan Bundaran Tirosa, Kamis (10/2/2022) mulai dari pagi pukul 09.00 Wita Hingga pukul 11.45 Wita.

Penerangan keliling ini dilakukan untuk mengimbau masyarakat Kota Kupang untuk tertib berkendara dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan ini melibatkan lima Personel Ditlantas Polda NTT dipimpin oleh Kanit 2 Subdit Kamsel AKP Ratna Yuda Tupong menggunakan dua kendaraan Mobil dinas Ditlantas Polda NTT. Dalam kegiatan itu juga, diterapkan SOP Prokes Covid-19, menjaga keselamatan saat melaksanakan kegiatan.

Dalam kegiatan itu, personel mengingatkan masyarakat pengguna jalan raya agar pengendara tetap menggunakan masker, tidak menggunakan lampu sirine yang tidak sesuai fungsinya, pengendara wajib menggunakan sabuk keselamatan. Serta Pengendara wajib menggunakan helm berstandar SNI.

Dirlantas Polda NTT Kombes Pol. Rahmat Hakim, S.I.K., M.H., melalui Kanit 2 Subdit Kamsel AKP Ratna Yuda Tupong mengatakan kegiatan ini dilakukan guna mengimbau masyarakat agar taati prokes dan selalu tertib dalam berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan saat berkendara.

“Kami memberikan imbauan berlalulintas dan membagikan 50 pics masker kepada warga yang ditemui tidak menggunakan masker serta mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid 19,” ucap AKP Ratna Yuda Tupong.

Menurutnya, bahwa dari kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi Kamseltibcar (keamanan keselamatan tertib dan lancar) di wilayah Polda NTT dan menurunnya angka penyebaran virus covid 19.

"Ini sebagai bentuk kepedulian Polda NTT terhadap kesehatan masyarakat NTT di masa Pandemi ini", ungkapnya.

Dalam kegiatan itu baik mahasiswa, anak sekolah, pegawai dan masyarakat yang melintas jalan menerima dengan baik imbauan pihaknya. Dan diminta untuk juga turut menyebarkan informasi ke tetangga di wilayahnya masing-masing.

“Kami akan terus menggelar kegiatan ini supaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan tetap berupaya membantu menekan angka penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Masyarakat diharapkan agar tidak menganggap sepele penerapan protokol kesehatan sehingga tidak menimbulkan klaster baru di NTT khususnya di wilayah Kota Kupang ini.

"Kegiatan yang sangat positif, cara ampuh bagi kami untuk memberi imbauan tentang pentingnya Protokol Kesehatan,” ungkapnya.

Iapun berharap dengan kegiatan ini masyarakat dapat memahami tentang aturan lalu lintas dan menerapkan prokes untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sehingga masyarakat NTT khususnya Kota Kupang bisa melaksanakan aktivitas sehari-harinya dengan normal.

“Mari kita sama-sama disiplin prokes, disiplin berlalu lintas untuk melindungi diri dan orang lain, selain prokes, keselamatan berkendara juga penting, terutama bagi pelajar yang menggunakan motor tidak standart atau di modifikasi,” tandasnya.