Kabiddokkes Polda NTT Turut Partisipasi Lounching serbuan Vaksinasi Covid 19 TNI AL

Kabiddokkes Polda NTT Turut Partisipasi Lounching serbuan Vaksinasi Covid 19 TNI AL

Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol. Dr. Sudaryono menghadiri kegiatan Lounching serbuan Vaksinasi Covid 19 oleh TNI AL Wilayah Pelabuhan dan Daerah Pesisir Pantai, Selasa (29/6/2021).

Lounching serbuan Vaksin Nasional yang diselenggarakan oleh Lantamal VII/Kupang kepada masyarakat maritime mengangkat tema "ayo katong vaksin, supaya katong bebas corona".

Acara yang dimulai pada pukul 09.15 Wita itu dihadiri Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, Kasi Intel Korem 161 Wirasakti Kupang Kol Inf. Abdul Mufakher, Kadispers Lanud El Tari Kolonel Hudi. Hadir pula Kepala Pelindo III Kupang Agus Nazar, KSOP Pelabuhan Tenau Kupang, Mayor Mar. Sandi Varikta, Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan Kupang serta para pejabat terkait. 

Dalam sambutannya, Danlantamal VII Kupang Laksamana IG. Kompiang Aribawa mengatakan pihak Lantamal VII Kupang mendukung penuh program percepatan vaksinasi nasional yang diinstruksikan Presiden Jokowi. 

Karena itu, sebagai bagian dari matra TNI, Lantamal VII melaksanakan secara sungguh program serbuan vaksin masyarakat maritim yang ditargetkan berlangsung sebulan. Presiden Jokowi, tegas Laksma TNI IG Kompiang, menargetkan 1 juta vaksin per hari selama 26 Juni hingga 26 Juli 2021 mendatang. Setelah itu, target vaksinasi per hari akan ditingkatkan menjadi 2 juta vaksin.

"Pemerintah telah memberikan tanggung jawab kepada Kementrian Kesehatan RI dan TNI/Polri untuk menyukseskan program vaksinasi sehingga masyarakat Indonesia sehat dan bebas dari Covid 19. Pemerintah menargetkan 1 juta dosis vaksin per hari sejak 26 Juni hingga Juli, kemudian pada Agustus akan ditingkatkan 2 kali lipat sehingga target vaksinasi tercapai,"jelas Laksma TNI IG Kompiang Aribawa.

Laksma TNI IG Kompiang Aribawa menerangkan, pekan serbuan Vaksin maritim dilaksanakan secara serentak di wilayah Lantamal VII Kupang dan beberapa pangkalan AL, seperti di Lanal Maumere, Lanal Rote, Lanal Mataram dan Lanal Labuan Bajo. Setelah pelaksanaan di pelabuhan, vaksinasi akan dilaksanakan di desa desa pesisir yang dengan jangkauan yang sulit.

"Target para pekerja pelabuhan dan masyarakat umum sekitar pelabuhan karena mereka beresiko di terhadap keluar masuk barang dan penumpang baik asing maupun domestik," tambahnya dia.

Meski telah menerima vaksinasi, masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan penerapan 5M. "Saya berharap kegiatan vaksin dapat berjalan dengan baik dan tetap menjaga Protokol kesehatan. Kepada masyarakat, walaupun  sudah vaksin tetap ikut protokol kesehatan 5 M," tegasnya. 

Ia juga mengajak masyarakat agar tetap memakai masker dan menaati Prokes  untuk menjaga kesehatan bersama. Hal tersebut penting agar mencegah meningkatnya kasus Positif Covid-19. 

Usai launching, Dan Lantamal VII Kupang Laksma TNI IG Kompiang Aribawa bersama rombongan melakukan peninjauan proses vaksinasi yang berjalan.