Kapolda NTT : Jadikan Rakerwas Ini Sebagai Sarana Berbagi Informasi dan Cara Bertindak Di Lapangan

Kapolda NTT : Jadikan Rakerwas Ini Sebagai Sarana Berbagi Informasi dan Cara Bertindak Di Lapangan

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si., dan Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si.,membuka kegiatan Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Itwasda Polda NTT Tahun 2021 di ruang rapat utama (Rupatama) Lantai III Mapolda NTT, Rabu (28/4/2021) pagi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat utama Polda NTT serta diikuti oleh 45 perserta yang terdiri dari para wakapolres dan seluruh Kasiwas Polres jajaran, para Kasubag Renmin dari Biro Log, Biro SDM, Bipropam Polda NTT.

Raker pengawasan tahun ini, mengambil tema Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Nusa Tenggara Timur siap melaksanakan penguatan pengawasan Guna mewujudkan polri yang bersih dan bebas dari korupsi-korupsi nepotisme serta mendukung program prioritas Kapolri.

Tema ini merupakan satu perwujudan transformasi bidang pelayanan yang sudah direncanakan oleh bapak Kapolri dan pengawasan sendiri mendapatkan tiga program kegiatan dari enam belas program kegiatan, yaitu kegiatan 14, berkaitan dengan pengawasan pimpinan terhadap setiap kegiatan, program 15 penguatan pengawasan dan program 16 pengawasan oleh masyarakat pencari keadilan.

Kegiatan raker ini juga bertujuan agar terciptanya sinergi lintas fungsi dan lintas sektoral bersama institusi pemerintah lainnya. APIP serta pengawas eksternal, independent dalam upaya mewujudkan Aparatur Pengawas Internal yang presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Dalam sambutan Kapolda NTT mengucapan apresiasi dan terima kasih kepada para personil jajaran Inspektorat, atas seluruh dedikasi dan loyalitas yang telah di tunjukan dalam pelaksanaan tugas terutama tugas pengawasan dalam pengelolaan anggaran Polri guna mendapatkan predikat WPT (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.

“Fungsi Inspektorat juga berperan penting dalam mendukung program Pemerintah, seperti saber pungli serta satgas pemulihan ekonomi Nasional yang terdampak pandemi covid – 19”, ujar Kapolda NTT

Berbagai upaya pengawasan telah dilakukan melalui kegiatan  pengawasan  dan pemeriksaan (Wasrik), baik audit kinerja rutin yang terjadwal dalam program kerja pemeriksaan tahunan (PKPT), maupun audit tujuan tertentu yang dilakukan secara insidentil. disamping itu, Itwasda Polda NTT juga melakukan kegiatan review terhadap rencana kerja dan anggaran (RKA) satker serta melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja satker. Hal ini di lakukan untuk mendukung pencapaian program prioritas Kapolri khususnya dalam peningkatan pengawasan guna mewujudkan Polri yang presisi.

“Ikuti kegiatan rakerwas dengan seksama serta jadikan rakerwas ini sebagai sarana berbagi informasi dan merumuskan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan”, tegasnya.

Ia mengharpkan untuk menyerap informasi penting yang disampaikan oleh narasumber, sebagai upaya memperkaya wawasan serta menyempurnakan strategi, teknis dan cara bertindak dalam pengawasan tugas Kepolisian.

“Laksanakan kerja sama sinergis lintas fungsi dan lintas  sektoral, bersama Institusi Pemerintah, Apip, serta pengawas eksternal independen dalam upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Polri”, harapnya.

“Kelola  dan  temukan  solusi  terbaik  dalam menghadapi pengaduan masyarakat, serta masukan dari pengamat dan pengawas eksternal Polri”, tandasnya.