Kapolda NTT Sambut Kepala BNPT di Labuan Bajo

Kapolda NTT Sambut Kepala BNPT di Labuan Bajo

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyambut kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H bersama rombongan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggrai Barat, Selasa (2/3/2021) siang.

Turut mendampingi Kapolda NTT dalam kegiatan tersebut Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si.

Kapolda NTT menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala BNPT beserta rombongan di Labuan Bajo dan mengapresiasi karena Labuan Bajo ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan.

Kapolda juga menyampaikan bahwa konsentrasi Polda NTT saat ini juga terkait penanganan

Terkait pencegahan jaringan terorisme, saat ini konsentrasi Polda NTT khusus dilakukan di Labuan Bajo dimana berbatasan langsung dengan Kabupaten Bima, Provinsi NTB.

"Ini tentu membutuhkan kolaborasi yang sinergis baik Polri maupun dengan Pemerintah Daerah serta masyarakat", kata Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Ia juga menyampaikan bahwa, saat ini ada beberapa Lapas di NTT yang menjadi tempat penitipan Napi Teroris, diantaranya  Lapas Kupang, Lapas Belu, Lapas Ende dan Lapas Waikabubak Sumba Barat.

Sementara itu, Kepala BNPT dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa Kedatangannya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat ini dalam rangka melaksanakan kegiatan Rakernas Rapat kerja nasional (Rakernas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) T.A. 2021.

"BNPT telah membentuk Satgas di daerah dan ini diharapkan dapat mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal yang toleran, guna menjaga persatuan dan perdamaian", Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H

"Selanjutnya diharapkan dalam pelaksanaan tugas selalu berkomunikasi dengan FKPT di setiap kegiatan penanggulangan terorisme di daerah, karena FKPT sebagai perpanjangan pelaksanaan tugas BNPT di daerah", imbuhnya.