Kunjungi Bayi Stunting di Kelurahan Kabir Alor, TNI/POLRI Berikan Bantuan Makanan Tambahan Kunjungi Bayi Stunting di Kelurahan Kabir Alor, TNI/POLRI Berikan Bantuan Makanan Tambahan

Kunjungi Bayi Stunting di Kelurahan Kabir Alor, TNI/POLRI Berikan Bantuan Makanan Tambahan   Kunjungi Bayi Stunting di Kelurahan Kabir Alor, TNI/POLRI Berikan Bantuan Makanan Tambahan

Salah satu wujud sinergitas TNI/POLRI adalah mendukung program penekanan angka stunting. Tim gabungan TNI/POLRI yang bertugas di wilayah Pantar, mengunjungi dan menyerahkan bantuan paket makanan tambahan kepada bayi stunting di Kelurahan Kabir, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor.

Wakapolsek Pantar Iptu I Gede Eka Suadnyana, S.H, bersama Babinsa Koramil 02/1622 Pantar sertu Lodewijk Kay dan PS. Kanit Binmas Polsek Pantar Aipda Nur Jatmiko dengan didampingi oleh Margarita Sir selaku kader Posyandu Kasih Ibu I Kelurahan Kabir, menyerahkan paket bantuan makanan tambahan kepada bayi bernama Kian Blegur, berusia 10 bulan yang mengalami stunting.

Pada kegiatan tersebut, Iptu Suadnyana menyampaikan beberapa himbauan bagi orang tua bayi.

"Pada masa kehamilan 0 - 9 bulan, para ibu harus rutin memeriksakan kehamilan untuk mencegah terjadinya gizi buruk atau stunting pada anak. Selain itu, memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami segala tanaman yang bermanfaat untuk ketahanan pangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan setiap waktu," ujar Iptu Suadnyana, 01 Mei 2023.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa orang tua harus aktif mencari sumber informasi terkait pelayanan kesehatan, dan mengikuti posyandu secara rutin. 

"Orang tua sesering mungkin mendapatkan sumber informasi tentang kesehatan anak dengan mengikuti kegiatan posyandu secara rutin. Selalu berhati-hati di dalam mengasuh anak. Berikan makanan dan minuman yang mengandung asupan gizi dan vitamin yang cukup agar anak terhindar dari stunting dan gizi buruk," jelasnya.

Demikian Iptu Suadnyana meminta orang tua menghindari pemberian makanan yang mengandung bahan pengawet kepada anak.

"Penuhi kebutuhan anak dengan makanan dan minuman yang mengandung gizi dan vitamin agar kesehatan anak selalu stabil. Hindari makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, karena dapat membahayakan kesehatan serta menghambat pertumbuhan mental dan fisik anak," himbaunya.

Iptu Suadnyana berharap dengan adanya sinergitas Polsek Pantar dan Koramil 02/1622 Pantar dalam rangka penyerahan bantuan makanan tambahan kepada anak balita yang mengalami stunting di Kelurahan Kabir, dapat bermanfaat dan membantu anak yang menekan angka stunting. 

Selain itu dirinya berharap, kegiatan ini semakin mempererat hubungan harmonis yang telah terjalin antara TNI dan Polri khususnya di Kecamatan Pantar.

Adapun paket bantuan makanan tambahan yang diserahkan Polsek Pantar bersama Koramil 02 / 1622 Pantar antara lain : Satu Karung beras, satu rak telur, dua susu Lactogen berukuran 1 kg untuk usia 6 s/d 12 bulan, dua pack biskuit Milna, Dua pcs biskuit Marie Susu.