Patroli Cipta Kondisi dan Sterilisasi Jelang Pendaftaran Calon Kepala Daerah Alor

Patroli Cipta Kondisi dan Sterilisasi Jelang Pendaftaran Calon Kepala Daerah Alor

Polres Alor melaksanakan kegiatan Patroli Cipta Kondisi dan Sterilisasi dalam kerangka Operasi Mantap Praja Turangga 2024 pada hari Selasa (27/08/2024). Operasi ini dilakukan menjelang tahap pendaftaran calon kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Alor untuk periode 2024-2029. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Alor, terutama menjelang pentingnya momentum pemilukada.

Kegiatan dimulai dengan apel persiapan operasi yang dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Alor, AKP Abdul Rahman Aba Mean S.H., didampingi oleh Kasat Samapta Polres Alor, IPTU Warsito, dan Wadanki Brimob Yon A Kompi 4 Alor, IPDA Theodorus Boka S.H. Apel tersebut dilaksanakan di Lobi Polres Alor dan dihadiri oleh seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini.

Tim dari Operasi Mantap Praja (OMP) kemudian melaksanakan patroli dengan rute yang telah ditentukan, dimulai dari Lapangan Mini menuju beberapa titik strategis, termasuk Kelurahan Binongko, Perkuburan Cina, Desa Motongbang, dan Kelurahan Kalabahi Kota. Salah satu tahapan penting dalam operasi ini adalah mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Alor untuk melakukan koordinasi terkait situasi pasca pendaftaran, serta untuk mendukung dan memastikan kelancaran kegiatan tersebut. Setelah melakukan koordinasi, tim OMP melanjutkan dengan sterilisasi area KPU Kab. Alor.

Pihak KPU Alor memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Kepolisian, mengingat bahwa semua tahapan pemilu hingga saat ini berjalan dengan aman dan tertib. KPU juga menyampaikan bahwa mereka akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian sehubungan dengan perkembangan situasi yang mungkin menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Usai menyelesaikan tugas di KPU, tim OMP melanjutkan patroli dengan rute Desa Lendola, Desa Air Kenari, dan Kelurahan Kalabahi Tengah, sebelum akhirnya kembali ke Mako Polres Alor. Kegiatan patroli ini tidak hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga sebagai bentuk kehadiran polisi di tengah masyarakat, memberikan rasa aman jelang pemilukada.