Personel Gabungan Polda NTT Kawal Ketat Rangkaian Penjemputan Vaksin Covid-19

Personel Gabungan Polda NTT Kawal Ketat Rangkaian Penjemputan Vaksin Covid-19

Personel gabungan Polda NTT dari Satbrimobda, Ditlantas, Bidhumas dan Ditintelkam dipimpin oleh Kanit PJR Ditlantas Polda NTT Iptu Y.A. Nalle melaksanakan pengamanan dan pengawalan VVIP penjemputan Vaksin Covid-19 untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Bandara El Tari Kupang, Sabtu pagi (22/5/2021).

Total Vaksin Covid-19 kuota tambahan untuk pelayanan vaksinasi KKP dan Polda NTT sebanyak 70 Vial Astra Zeneca dan 210 Vial Sinovac yang didatangkan dari Jakarta dan tiba sekitar pukul 06.44 Wita, dengan menggunakan Pesawat Batik Air No. Flight ID-6541, landing di Bandara Eltari Kupang.

Rangkaian kegiatan pengamanan dan pengawalan penjemputan Vaksin dilakukan secara ketat oleh Personel Polri (Polda NTT) bersama unsur terkait, dimulai dari proses penyemprotan disinfektan terhadap kemasan Vaksin Covid-19, sterilisasi mobil pengangkut, serta pengamanan dan pengawalan dari terminal kargo Bandara El Tari Kupang menuju Gudang Penyimpanan Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

Tiba di Gudang Dinas Kesehatan Provinsi NTT tepatnya di Jalan Pulau Indah, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, iringan pengawalan Vaksin Covid-19 diterima oleh Koordinator Dinas Kesehatan Provinsi NTT Eduard Muni, APT dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada Dinkes Provinsi NTT dilanjutkan dengan proses penurunan Vaksin Covid-19 dari atas Mobil Box yang akan disimpan pada ruangan khusus Coll Room dengan suhu  2 - 8 derajat Celcius.

Kegiatan pengamanan dan Pengawalan oleh Anggota Polri ini dilakukan dalam rangka kelancaran kegiatan  vaksin dan menyukseskan program vaksinasi secara Nasional serta meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dimana pendistribusian vaksin harus mendapatkan Pengamanan dan Pengawalan dari Polri.

Proses pengawalan Vaksin Covid-19 untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur dari Bandara Eltari Kupang ke Gudang Farmasi Dinkes Provinsi NTT pun berjalan aman dan lancar.