Personel Satpolairud Polres Alor Laksanakan Pengamanan dan Pemantauan Kapal di Pelabuhan Kalabahi

Personel Satpolairud Polres Alor Laksanakan Pengamanan dan Pemantauan Kapal di Pelabuhan Kalabahi

Pada hari Rabu, 31 Juli 2024, mulai pukul 09.00 WITA, Personel Satpolairud Polres Alor melakukan pengamanan dan pemantauan kapal penumpang KM Talenta di Pelabuhan Kalabahi, Kelurahan Kalabahi Kota, Kecamatan Teluk Mutiara. Kapal tersebut dijadwalkan berlayar menuju Pulau Pantar.

Selama kegiatan tersebut, personel Satpolairud memberikan imbauan kepada awak kapal untuk memastikan peralatan keselamatan kapal dalam kondisi baik sebelum berlayar serta memantau kondisi cuaca. Selain itu, mereka juga melarang membawa atau mengonsumsi minuman keras (miras) di atas kapal.

Personel Satpolairud mengajak penumpang dan kru kapal untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama pelayaran dari Pelabuhan Alor ke pelabuhan tujuan. Mereka juga meminta penumpang untuk melaporkan atau memberikan informasi kepada petugas kepolisian jika mengetahui adanya pelanggaran tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang dilakukan oleh oknum tertentu selama perjalanan.

Para nahkoda kapal dan ABK diingatkan untuk selalu memperhatikan penumpang agar tidak berada di pinggir kapal serta memastikan kapal tidak melebihi kapasitas yang ditentukan. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama pelayaran.