Polda NTT Bergerak Cepat: Evakuasi Korban Erupsi Gunung Lewotobi di Lewodulen

Polda NTT Bergerak Cepat: Evakuasi Korban Erupsi Gunung Lewotobi di Lewodulen

Personel Satuan Brimob Polda NTT, bersama Ditpolairud Polda NTT dan Basarnas, turun ke lapangan untuk memberikan bantuan penanganan bencana alam akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Lewodulen,  Desa Waiula, Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, NTT. Senin (8/1/2024).

Permintaan evakuasi dari Kepala Desa Lawadule, melalui Wadanyon B Pelopor AKP Agustinus Silvester, mendapat respons cepat dari Dansat Brimob Polda NTT, Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K.

Wadanyon B Pelopor menjelaskan bahwa personel Satbrimob Polda NTT, bersama unsur terkait, turut membantu evakuasi 31 jiwa yang terjebak di Gunung Lewotobi setelah erupsi.

"Korban yang terdiri dari 13 laki-laki, 12 perempuan, dan 6 anak-anak berhasil dievakuasi dengan kondisi sehat," jelasnya.

Dalam kondisi erupsi yang masih terjadi, Wadanyon B Pelopor menegaskan bahwa instansi terkait, termasuk TNI-POLRI, Basarnas, BPDB, dan pihak lainnya, terus berupaya mengurangi risiko bencana dengan berbagai upaya pembangunan fisik dan peningkatan kesadaran masyarakat.

"Korban yang telah dievakuasi ditempatkan di tempat penampungan SD Wulanggitang, sambil menunggu makan malam yang disediakan oleh posko Satuan Brimob Polda NTT," ungkapnya.

 

Evakuasi dilakukan karena beberapa warga, terutama orang tua berumur sekitar 90 tahun dengan keterbatasan fisik, tidak bisa berjalan jauh dan hanya bisa bertahan di kaki Gunung Lewotobi di Lewodulen,  Desa Waiula, Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur.

Upaya bersama ini mencerminkan komitmen dalam membantu dan melindungi masyarakat yang terdampak bencana alam.