Resmikan Kampung Tangguh Patola di Kecamatan Alor Barat Daya

Resmikan Kampung Tangguh Patola di Kecamatan Alor Barat Daya

Tribratanewsalor.com – Kalabahi, Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas,S.I.K., bersama Forkopimda Kab. Alor meresmikan Kampung Tangguh Patola ( Potensi Alor Tangguh Optimis Lincah Aman ) di Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya, Selasa pagi (09/03).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Kab. Alor Drs Dominggus Asadama, Kabag Ops Polres Alor AKP  Abdulrahman Aba Mea, Kadis Kehutanan Kab. Alor. Ir. Yohanis Kewatung, Kadis Pertanian Kab. Alor. Yustus Dopong Abora, S.P., Kabid pengelola pembudidayaan ikan dan air Kab. Alor. Yakob Lapenangga, Camat Abad Yapi Hinglir, S.Sos., Kapolsek Alor barat daya IPDA Yudha Febry Widanarko, S.Tr.K., Kaur mintu Binmas Polres Alor. Aiptu Fahrudin, Wakapolsek Abad bersama Anggota, Danposramil Moru Sertu Imanuel Manikari bersama Babinsa, Kepala Desa Pailelang Oktovianus Jenfani, S.Th., Para RT, RW dan warga Desa Pailelang.

Kapolres Alor dalam sambutannya mengatakan bahwa, filosofi Kampung Tangguh Patola ini adalah kebersamaan dan gotong royong dalam menanggulangi wabah Covid-19 serta sebagai wadah edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Alor.

“Kampung Tangguh adalah program unggulan Kapolri, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar. Kemudian program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal atau melawan penyebaran Covid-19,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Asisten II Kab. Alor Drs Dominggus Asadama mengatakan Kampung Tangguh Patola ini adalah salah satu ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Alor.  “Dengan adanya Kampung Tangguh Patola ini, diharapkan masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya.

Tidak lupa juga Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K., menyampaikan bahwa semua ini upaya kerja sama dari pihak Masyarakat Desa Pailelang dan pemerintah sehingga terciptanya Kampung Tangguh dan adapun 3 faktor yang mempengaruhi antara lain Kesehatan, Ketahanan pangan dan Keamanan. Serta selalu menjaga imun tubuh dan selalu taat protokol kesehatan pada kesadaran diri yang menjadi tanggung jawab pribadi.

“Saat ini sering terjadi kasus Orang Tanpa Gejala dimana kita harus selalu menjaga diri dan dilakukan karantina Mandiri agar terhindar dari penyebaran kepada orang lain dan saling membantu dalam kehidupan bermasyarakat, selain itu juga masyarakat desa Pailelang diharapkan agar bisa menjaga keamanan apabila ada masyarakat luar yang ingin masuk ke kampung kita, wajib untuk taat protokol Kesehatan,” Tutur Kapolres.

Setelah peresmian Kampung Tangguh Patola tersebut kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Anakan Pohon Mahoni, Pohon Jati Putih dengan pelepasan 500 nener Ikan oleh Kapolres Alor bersama Asisten II Kab. Alor dan dihadiri oleh tamu undangan.