Satpolairud Polres Alor Lakukan Pengamanan dan Himbauan Keselamatan di Perairan Kalabahi

Satpolairud Polres Alor Lakukan Pengamanan dan Himbauan Keselamatan di Perairan Kalabahi

Pada hari Selasa, tanggal 23 April 2024, antara pukul 07.00 hingga 09.00 WITA, di pelabuhan Kalabahi kelurahan Kalabahi kota kecamatan Teluk Mutiara, anggota Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Alor melaksanakan kegiatan pengamanan dan pemantauan kapal penumpang dengan rute Kalabahi - Pantar.

Dalam kesempatan tersebut, Satpolairud memberikan himbauan kepada para penumpang dan kru kapal untuk memperhatikan peralatan keselamatan sebelum berlayar serta memantau kondisi cuaca sebelum melaut. Selain itu, ditegaskan larangan membawa atau mengonsumsi minuman beralkohol di atas kapal.

Satpolairud juga mengingatkan bahwa dalam keadaan terjadi kecelakaan laut, para penumpang dan kru diharapkan segera menghubungi Satpolairud Polres Alor atau instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Dalam upaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama pelayaran, Satpolairud menghimbau agar para penumpang dan kru kapal melaporkan atau memberikan informasi kepada petugas kepolisian jika menemukan adanya indikasi pelanggaran Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Satpolairud juga menekankan kepada nahkoda kapal dan ABK untuk selalu memperhatikan penumpang agar tidak duduk di pinggir kapal serta menjaga agar kapasitas penumpang tidak melebihi batas yang ditentukan demi keamanan bersama.