Seleksi Pelatihan PKA dan PKP T.A. 2022, Biro SDM Polda NTT Terapkan Metode One Day Service

Seleksi Pelatihan PKA dan PKP T.A. 2022, Biro SDM Polda NTT Terapkan Metode One Day Service

Untuk mendukung Polri dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Prediktif, Responsilitif, dan Transparansi Berkeadilan maka Biro SDM Polda NTT menyelenggarakan kegiatan Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Administrasi (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) T.A. 2022.

Kegiatan yang dipimpin oleh Karo SDM Polda NTT ini diselenggarakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT, Kamis (10/2/22).

Dalam kesempatan tersebut Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S. I.K. mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Polri untuk mewujudkan Sistem Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis, Clear and Clean Serta Bebas Kkn sehingga nantinya diakhir proses seleksi akan didapatkan calon peserta PKA dan PKP yang unggul, kompetitif dan bermoral di era police 4.0., hal ini sejalan dengan visi dan misi Polri (tranformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).  

Dijelaskannya bahwa animo peserta seleksi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)  Polda NTT    T.A. 2022 yang mendaftar secara online sebanyak 3 orang (pria: 2, wanita: 1), dan yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 2 orang (pria: 2, wanita: -). Sedangkan animo peserta seleksi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang mendaftar secara online sebanyak 6 orang (pria: 2, wanita: 4), dan yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 2 orang (pria: -, wanita: 2).

Secara keseluruhan jumlah peserta pendidikan PKA sebanyak 80 (delapan puluh) orang, pelatihan dilaksanakan 1 (satu) gelombang, Buka pendidikan tanggal 17 maret 2022 hingga tanggal 15 juni 2022, lama pendidikan 91 (sembilan puluh satu) hari.     

Proses seleksi, sejak pendaftaran hingga penetapan kelulusan mulai tanggal 28 januari sampai dengan tanggal 8 maret 2022, kuota PKA untuk Panda Polda NTT 1 orang.

Demikian juga, jumlah peserta pendidikan PKP sebanyak 80 (delapan puluh) orang, pendidikan dilaksanakan 1 (satu) gelombang, buka pendidikan tanggal 23 februari 2022 tutup pendidikan tanggal 29 mei 2022, lama pendidikan 96 (sembilan puluh enam) hari. Proses seleksi sejak pendaftaran hingga penetapan kelulusan tanggal 24 januari sampai dengan tanggal 16 februari 2022, kuota PKP untuk Panda Polda NTT 1 orang.

“Perlu saya sampaikan bahwa, seleksi PKA dan PKA ini dilaksanakan  oleh Panda Polda NTT, sejak pendaftaran, pemeriksaan berkas administrasi, verifikasi nilai 13 (tiga belas) komponen, pengumuman hasil rikmin dan nilai hasil 13 (tiga belas) komponen, sidang penetapan kelulusan tingkat panda, lanjut tes akademik (tes psikologi polri), tes komputer, tes bahasa inggris, dan tes kompetensi manajerial (tkm) untuk PKA dan untuk PKP tes akademik (psikologi polri), tes jukminu polri, tes komputer dan tes bahasa inggris. Tes akan dilaksanakan dengan computer assissted test (cat)”ujar Karo SDM Polda NTT.

Proses seleksi ini menggunakan metode one day service yang artinya peserta dapat mengetahui hasil seleksi di hari yang sama. Dan selama pelaksanaan tes diawasi oleh pengawas internal (Itwasda dan Bidpropam) Polda NTT, untuk bersama-sama mewujudkan proses seleksi yang Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH).

’’Pedomani protokol kesehatan dalam setiap tahapan seleksi. Hal ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kepada para panitia dan pengawas internal agar terapkan prinsip betah dalam setiap tahapan, prinsip BETAH bukan hanya dijadikan slogan, namun dipegang teguh sebagai pedoman dalam pelaksanaan seleksi ini. Kepada peserta PKA dan PKP T.A. 2022 agar bekerjasama dan mendukung panitia serta pengawas untuk mewujudkan proses seleksi yang clean and clear sehingga polda ntt dapat menghasilkan adminstrator dan pengawas polri yang berintegritas’’pungkasnya.