Biddokkes Polda NTT Gelar Rikes Berkala Tahun 2022, Kabiddokkes Polda NTT : Program ini Penting dilakukan untuk Perawatan Kesehatan Bagi anggota maupun ASN Polri

Biddokkes Polda NTT Gelar Rikes Berkala Tahun 2022, Kabiddokkes Polda NTT : Program ini Penting dilakukan untuk Perawatan Kesehatan Bagi anggota maupun ASN Polri

Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda NTT gelar pemeriksaan kesehatan (Rikes) berkala bagi anggota dan ASN Polri jajaran Polda NTT  tahun anggaran 2022. Kagiatan yang dilaksanakan di Klinik Pratama Turangga Biddokkes Polda NTT ini pun diikuti oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Dalam kegiatan ini, selain melakukan serangkaian pemeriksaan, Kapolda NTT juga meninjau fasilitas kesehatan yang ada serta berdialog dengan tenaga medis yang bertugas di Klinik Pratama Turangga Biddokkes Polda NTT  yang berlokasi di jalan Herewila, Naikoten II, Kota Kupang.

Turut serta mendampingi Kapolda NTT dalam kegiatan ini, Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol dr. Sudaryono dan Karumkit RSB Titus Uly Kupang Kompol dr. Herry Purwanto, M.Si., Med., Sp.B.

Sementara itu, proses pemeriksaan berkala yang dilaksanakan oleh Biddokes Polda NTT bekerja sama dengan Laboraturium Mitra Husada ini meliputi chek kadar gula darah, urine, rontegen, treadmill, gigi, MMPI atau pemeriksaan kesehatan Jiwa, kemudian pemeriksaan fisik yang terdiri dari komposisi tubuh yaitu, berat badan, tinggi badan, mata, tekanan, darah dan lemak.

Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol dr. Sudaryono saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa, Program Pemeriksaan berkala ini untuk perawatan kepada para anggota maupun ASN  Polri dimana dilakukan pemeriksaan yang meliputi beberapa item baik pemeriksaan intensif satu, dua maupun tiga.

“Ini diperuntukan untuk seluruh anggota maupun ASN Polri, namun karena kita jumlahnya banyak, baru kurang lebih 30 persen yang mengikuti rikes ini. Ini penting karena untuk usia yang diatas 40 tahun penyakit komorbid dan penyakit-penyakit lain”, jelas Kombes Pol dr. Sudaryono.

 Selain itu, kata Kabiddokkes Polda NTT,  kegiatan ini juga penting sebagai penilaian 13 komponen bagi para anggota yang akan mengikuti seleksi (Pendidikan Pengembangan) Ditbang.

Hal ini juga penting sebagai salah satu penilaian 13 komponen terutama bagi seluruh anggota Polri di Nusa Tenggara Timur yang akan sekolah Ditbang”, jelasnya.

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Berkala ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang mana dibagi dalam beberapa gelombang.

“Peserta Rikkes ini kita bagi untuk dilakukan secara bergelombang tingkat PJU dulu baru nantinya anggota, karena kegiatan ini kita tetap melakukan sesuai prosedur prokes covid-19.” tandasnya.