Dukung Program Presisi Kapolri, Kapolda NTT Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama dengan Perbankan, Pihak PT. Asabri dan DPD Rei di Bidang Perumahan Bagi Anggota dan ASN Polri

Dukung Program Presisi Kapolri, Kapolda NTT Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama dengan Perbankan, Pihak PT. Asabri dan DPD Rei di Bidang Perumahan Bagi Anggota dan ASN Polri

Polda NTT menyelenggarakan kegiatan Penandatanganan dan perjanjian kerja sama Polda NTT dengan PT Asabri, DPD Rei, Bank BRI, dan Bank NTT, di loby Mapolda NTT, Selasa (2/3/21) pagi.

Kegiatan yang laksanakan ini merupakan inovasi bersama antara Polri dengan Perbankan, Pihak PT. Asabri dan DPD Rei yang diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan fasilitas yang lebih baik dan berkualitas bagi personel Polri khususnya dalam pemberian fasilitas kredit kepemilikan rumah untuk anggota Polri Polda NTT dan jajaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si, Kepala PT. Asabri Cabang Kupang Petrus Romulus Sirait, Pimpinan Bank BRI Stef Juarto, Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT Paulus Stefen Messakh, Pimpinan DPD Rei dan para pejabat utama Polda NTT

“Baru saja kita melaksanakan penandatanganan MoU kesepakatan bersama tentang pemberian fasilitas kredit pemilikan rumah untuk anggota Polri. Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan mou sebagai langkah awal program kepemilikan perumahan bagi anggota polri dan asn polri dapat terlaksana. Besar harapan  dengan program ini dapat membantu anggota dan ASN Polri memiliki hunian yang layak dapat terwujud”ujar Kapolda NTT Irjen Pol. Drs Lotharia Latif, S.H., M. Hum.

Kapolda NTT mengatakan bahwa dalam rangka menjabarkan program Presiden RI dalam percepatan pembangunan perumahan bagi Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri yang di tindak lanjuti oleh Kapolri di dalam program presisi, merupakan implementasi kebijakan pimpinan dalam mensejahterakan personil Polri yang ada di Polda NTT dan Jajaran dengan penyediaan rumah murah bersubsidi.

“Pada saat ini Polda NTT dalam menindaklanjuti program Kapolri akan membentuk tim perumahan, mengingat sekarang ini anggota Polri yang tercukupi dalam bidang perumahan sangat sedikit dan saya berharap dukungan dari BRI, Bank NTT, PT. Asabri dan REI dalam menyediakan fasilitas perumahan yang akan dibangun bisa terwujud. Namun harapan kami lokasi perumahan perlu dipertimbangkan agar tidak terlalu jauh dari kantor serta disediakan fasilitas umum yang memadai”lanjut Kapolda NTT.

Berdasarkan data dari jumlah anggota Polri Polda NTT saat ini, sebanyak 10.563. dari jumlah tersebut anggota Polri yang memiliki rumah sendiri sebanyak 4.964 (46,9%), yang masih tingal di asrama 2.374 (22,4%), yang masih kontrak / sewah rumah sebanyak 2.086 (19,7%) orang sisanya tinggal dengan keluarga (orang tua) sebanyak 1.127 (10,6%) orang. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggota Polri maka Polda NTT bekerja sama dengan pihak Developer dari BRI Cabang Kupang, Bank NTT, PT. Asabri maupun DPD REI NTT dalam membangun rumah untuk personil Polda NTT.

Pada kesempatan kali ini juga dilaksanakan kegiatan pameran perumahan dari pihak developer sebagai gambaran pemahaman mengenai mekanisme, persyaratan dan pembiayaan terkait kepemilikan rumah bagi anggota Polri dan ASN Polri sehingga dapat diketahui secara rinci dan jelas. Ada 38 unit rumah yang dipamerkan, dan siap dihuni.