Kapolres Alor Apresiasi Yayasan Taka Peduli Konservasi Laut

Kapolres Alor Apresiasi Yayasan Taka Peduli Konservasi Laut

Tribratanews.com, Terlihat suasana yang begitu menarik hari ini kamis, 28 Oktober 2021 di pantai sekitar pulau buaya kecamatan ABAL Kabupaten Alor. Kapolres Alor nampak melakukan penyelaman ke dasar laut bersama tim selam dari yayasan TAKA, Nautika Dive Alor, penyelam tradisional yang merupakan nelayan Pulau Buaya. Kapolres menyatakan bahwa hari ini beliau diajak langsung oleh Yayasan TAKA untuk menurunkan Arca Batu berbentuk MOKO ke dasar laut. MOKO melambangkan kehormatan bagi masyarakat kabupaten Alor, MOKO juga kerap digunakan sebagai mas kawin adat masyarakat Alor. Arca Batu berbentuk Moko ini terbuat dari cor semen yang dibuat oleh yayasan TAKA dengan memberdayakan masyarakat desa pulau buaya dalam pembuatannya. Arca batu ini sendiri dimaksudkan  sebagai tempat kembali tumbuhnya terumbu karang yang diketahui sudah banyak rusak di perairan sekitar pulau buaya.

Untuk diketahui bahwa sekitar bulan september 2021, satpolairud polres alor melakukan penangkapan terhadap nelayan yang melakukan penangkapan ikan menggunakan bom ikan di sekitar perairan pulau buaya. Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan kepolisian dalam rangka harkamtibmas bukan hanya dengan melakukan tindakan represif melalui penegakan hukum saja namun juga melakukan kegiatan preventif yaitu dengan melakukan pembinaan masyarakat melalui sosialisasi, kemudian memberikan saran masukan kepada kelompok nelayan di pulau buaya untuk tidak menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan, namun menggunakan rumpong atau lampara sehingga tidak mengganggu ekosistem laut.

Pada kesempatan ini Kapolres Alor bersama Dandim 1622 Alor, Bupati Alor yang diwakili Sekda Alor sangat mengapresiasi atas inisiasi yang disampaikan oleh yayasan TAKA. Arca Batu tersebut secara simbolis diresmikan sebagai bagian dari taman bawah laut oleh Sekda Kab Alor mewakili Bupati Alor, yang turut dihadiri bersama yayasan TAKA, kodim 1622 Alor, KCD Perikanan Prov NTT, Rektor Universitas Tribuana, beberapa kepala OPD kab Alor seperti dinas perikanan, lingkungan hidup, pariwisata, kasat Pol PP.

Kapolres menyampaikan bahwa hal ini merupakan salah satu kegiatan Pre emtif Kepolisian yang mensinergikan fungsi, peran, tupoksi antar lembaga dengan masyarakat setempat. Tentunya diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan bukan hanya seremonial belaka sehingga kemudian masyarakat setempat dapat memahami dan bahkan turut serta peduli dengan kelestarian alam bawah laut untuk menjaga ekosistem laut yang nantinya dapat berguna bukan hanya bagi masyarakat pulau buaya namun juga bagi generasi mendatang.
Sekda Kabupaten Alor menyampaikan pesan bahwa bentuk MOKO sebagai simbol kehormatan masyarakat Alor yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan adat masyarakat alor seperti mas kawin adat alor. Oleh karena itu arca batu berbentuk Moko yang hari ini akan diturunkan ke dasar laut adalah sebagai simbol kita menjaga kehormatan dalam melestarikan alam bawah laut di alor khususnya di perairan pulau buaya.

Dalam kesempatan tersebut, kepala desa pulau buaya mendeklarasikan pernyataan sikap masyarakat pulau buaya untuk bersama sama menjaga kelestarian alam bawah laut.

Kegiatan seperti yang dilaksanakan Yayasan Taka yang mengajak peran serta masyarakat desa pulau buaya perlu kita apresiasi sebagai wujud para pemuda yang peduli konservasi alam, dan harus kita support sebagai bagian dari sinergitas untuk menjaga ekosistem laut. Jadikan momen sumpah pemuda sebagai momen kita bersama untuk pemuda pemudi bangsa turut ambil bagian dari kegiatan konservasi alam, ujar kapolres menutup pesannya kepada media