Kapolsek Alor Selatan Lakukan Kegiatan Jumat Curhat di Desa Kelaisi Tengah

Kapolsek Alor Selatan Lakukan Kegiatan Jumat Curhat di Desa Kelaisi Tengah

Tribratanewsalor.com, – Pada hari Jumat, pukul 09.30 WITA, Polsek Alor Selatan melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang bertempat di SD GMIT 46 Kelaisi, Desa Kelaisi Tengah, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Alor Selatan, IPDA Agustinus S. Eban, S.H., dan dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Kepala Sekolah Marsel Ceste Asamai, S.Pd., beserta para guru, murid, dan pemuda desa setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Kanit Reskrim AIPTU Saprudin, Kanit Binmas AIPDA Bobby A. Riwu, Ka SPK A AIPDA Hikmawan A. Bachtiar, Ka SPK B AIPDA Daniel Malailak, dan Kanit Propam BRIPKA Epafrodiktus Legimakani. Total peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 18 orang.

Dalam arahannya, Kapolsek Alor Selatan menyampaikan beberapa hal penting mengenai peran dan perlindungan terhadap perempuan dalam masyarakat. "Pada umumnya, korban kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga adalah perempuan. Mengacu pada aspek adat di Kabupaten Alor, terdapat tradisi Mahar atau Belis yang menandakan penghormatan terhadap perempuan," ujar IPDA Agustinus S. Eban, S.H.

Kapolsek juga menekankan bahwa negara Indonesia memberikan jaminan kepada perempuan dan anak untuk melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi. "Kita sebagai laki-laki harus memberikan perlindungan, bukan bertindak semena-mena terhadap perempuan," tambahnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya menghormati sosok perempuan, mengingat pengorbanan seorang ibu dalam melahirkan dan membesarkan anak-anaknya. "Sudah sepatutnya kita menghormati dan melindungi perempuan, siapapun mereka," tuturnya.

Kapolsek Alor Selatan juga menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang telah berkontribusi besar dalam mendidik generasi penerus bangsa. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru yang telah berkorban waktu dan tenaga untuk menghasilkan banyak orang berguna bagi bangsa dan negara," katanya.

Selain memberikan bimbingan materi pelajaran, Kapolsek juga berpesan kepada para guru untuk memberikan pengajaran tentang moral dan etika serta mengawasi tingkah laku murid di sekolah. "Antara kemampuan akademik, moral, dan etika murid harus berimbang," pesannya.

Kegiatan Jumat Curhat ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara pihak kepolisian dan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta peran penting pendidikan dalam membentuk karakter generasi muda.