Kapolsek Alor Timur Himbau Warga Antisipasi Cuaca Ekstrem di Kampung Marataing

Kapolsek Alor Timur Himbau Warga Antisipasi Cuaca Ekstrem di Kampung Marataing

Tribratanewsalo.com, - Polsek Alor Timur melakukan kegiatan patroli dan himbauan terkait cuaca ekstrem kepada warga masyarakat pesisir pantai di Kampung Marataing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Alor Timur Ipda Gunawan S, S.H., bersama Kanit SPKT A Aipda Sofian Ismail Jusuf, Kanit SPKT B Bripka Suranus Cucino, dan Kanit Samapta Bripka Ganung Ardianto, Kamis pagi (14/03).

Himbauan mengenai cuaca ekstrem disampaikan dengan pendekatan yang humanis, terutama tentang kondisi cuaca alam, arus laut, gelombang tinggi, dan angin kencang. Warga masyarakat pesisir diminta untuk sementara waktu tidak melaut atau memancing ikan, serta menunda perjalanan dengan menggunakan transportasi laut atau perahu layar. Hal ini dilakukan untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan akibat arus deras dan angin laut yang kencang.

Selain itu, warga diminta untuk bekerja sama dengan pihak Polri khususnya Polsek Alor Timur dan pemerintah Desa dengan saling berkomunikasi dan mengingatkan satu sama lain jika ada warga yang masih berada di laut dalam keadaan cuaca dan gelombang laut tinggi.

Respons dari warga masyarakat pesisir di Kampung Marataing terhadap himbauan petugas Polri sangat positif. Mereka mengapresiasi upaya Polsek Alor Timur dalam memberikan himbauan antisipasi terhadap cuaca ekstrem dan berkomitmen untuk tidak melaut atau menunda kegiatan tersebut hingga cuaca kembali normal. Hal ini menunjukkan kesadaran dan kerjasama yang baik antara pihak keamanan dan masyarakat dalam menjaga keselamatan dan keamanan bersama di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.