Kunjungi Polda NTT, Tim Puskeu Polri Gelar Uji Petik Pengelolaan Rekening Bendahara Pengeluaran Secara VA

Kunjungi Polda NTT, Tim Puskeu Polri Gelar Uji Petik Pengelolaan Rekening Bendahara Pengeluaran Secara VA

Pusat keuangan (Pukeu) Polri gelar kegiatan Uji Petik Pengelolaan Rekening Bendahara Pengeluaran Secara Virtual Account  (VA) serta Uji Sistem dan Jaringan Aplikasi BLU Polri di Polda NTT, Rabu (24/3/2021).

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) lantai 3 Mapolda NTT ini Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung serta dihadiri oleh Tim Puskeu Polri yakni, Kombes Pol. Ane Kristina, S.A.P., Kombes Pol  Eryek Kusmayadi, S.Sos., S.I.K., AKBP Fitriyah, S.H., dan Iptu Santhini Setyo Rahmi, S.E.

Turut serta pendamping dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yakni, Kanpus BRI Jakarta, Ahmad Putra Akbar, Kanpus BRI Jakarta Galih Franco Bayu Aji, Kanwil BRI Denpasar Ni Putu Erna dan Pimpinan BRI Cabang Kupang Stefanus Juarto serta diikuti oleh para Kaur/Paurkeu Satker jajaran Polda NTT.

Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung saat membuka kegiatan ini, menyampaikan ucapan selamat datang untuk tim Puskeu Polri dan rombongan di Polda NTT dalam rangka kegiatan dimaksud.

Dikatakannya, dari 46 Satuan Kerja (Satker) yang ada di Polda NTT telah menggunakan BRI dan 2 Satker menggunakan Bank Mandiri yang keseluruhnya telah berhasil melaksanakan Cut Off dan Migrasi Saldo ke rekening VA pada tanggal 22 Januari 2021lalu.

Sementara itu, dalam arahan Kapuskeu Polri yang disampaikan oleh Ses Puskeu Polri Kombes Pol. Ane Kristina, S.A.P. menyampaikan bahwa, Pengelolaan rekening bendahara pengeluaran secara virtual account merupakan salah satu cara untuk monitoring transaksi pada rekening bendahara pengeluaran.

"Aplikasi ini sangat membantu dan memberi kenyamanan dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat dioperasionalkan lebih efektif, efisien dan modern", ujar Kombes Pol. Ane Kristina, S.A.P.

"Latar belakang VA yaitu, banyaknya jumlah Rekening Pengeluaran, kurangnya optimaliasi Saldo Rekening pengeluaran serta tidak dapat tingkat Eselon 1 K/L dan Kemenkeu memonitor transaksi rekening secara Real Time", tambahnya 

Lanjut disampaikannya bahwa, dalam mendukung Commander Wish Kapolri, Puskeu Polri telah membangun Sistem Teknologi Pengelolaan Penganggaran (STPP).

"Dalam hal ini Puskeu Polri siap menghadapi era 4.0 melalui Big Data, Internet Of Thing dan Smart Mobility, yang memiliki kemampuan analitik untuk mengambil keputusan berdasarkan data dalam fungsi pengelolaan keuangan", terangnya.

"Salah satu dari modul yang sedang dikembangkan adalah penggunaan Aplikasi BLU Polri yang diharapkan dapat mengurangi kendala dan temuan BPK dalam pengelolaan Keuangan", tandasnya