Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tingkat Kabupaten: Upacara Penurunan Bendera di Alor dipimpin Mendagri

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tingkat Kabupaten: Upacara Penurunan Bendera di Alor dipimpin Mendagri

Pada Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 17.00 Wita, masyarakat Kabupaten Alor berkumpul di Lapangan Mini Kalabahi, Kelurahan Kalabahi Kota, Kecamatan Teluk Mutiara, untuk menyaksikan Upacara penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D.

Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D. bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara posisi perwira upacara diisi oleh Wakapolres Alor, Kompol Jamaludin, dan Komandan Upacara dijabat oleh Komandan Dandramil 1622-03/Martaing, LETTU INF Umbu Neka R.A.C. 

Upacara terserbut juga dihadiri oleh berbagai pejabat penting, diantaranya Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kawasan Perbatasan Darat (PKPD) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Brigjen Pol Edfrie Richard Maith, S.I.K., Irwasda Polda NTT Kombes Pol I Made Sunarta, M.H., serta Pj. Bupati Alor, Dr. Drs. Zet Sony Libing, M.Si., Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M., dan Dandim 1622 Alor LETKOL INF Amir Syarifudin, S.H. Hadir pula Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Alor, serta para pejabat instansi lainnya dan berbagai tokoh agama, adat, serta masyarakat Kab. Alor. 

Rangkaian upacara berlangsung dengan khidmat saat Inspektur Upacara mengambil tempat. Setelah laporan dari Komandan Upacara, prosesi penurunan Bendera Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera, yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Usai penurunan bendera, dalam awal sambutannya Mendagri Tito Karnavian memberikan pujian kepada Paskibraka Kabupaten Alor yang menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Pujian tersebut disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta upacara dan juga masyarakat Kabupaten Alor yang juga turut menyaksikan upacara tersebut. Dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", upacara tersebut diharapkan dapat menjadi panggilan bagi semua elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa yang lebih baik dan sejahtera.

Kegiatan ini juga melibatkan Skema pengamanan yang ketat dari personel Polres Alor berdasarkan surat perintah Kapolres Alor Nomor : Sprin / 1024 / VIII / PAM.3.3. / 2024 tanggal 16 Agustus 2024, guna memastikan keamanan dan kelancaran acara.