Patroli dan Pengamanan Polsubsektor Pantar Timur di Pasar Tradisional Bakalang, Berikan Rasa Aman dan Nyaman bagi Warga

Patroli dan Pengamanan Polsubsektor Pantar Timur di Pasar Tradisional Bakalang, Berikan Rasa Aman dan Nyaman bagi Warga

Tribratanewsalor.com, - Personil Polsek Pantar dan Polsubsektor Pantar Timur, yang dipimpin oleh Ps. KaPolsubsektor Bripka Absaloma Saekoko, melaksanakan kegiatan patroli dan pengamanan sekaligus memberikan himbauan di Pasar Tradisional Bakalang, Desa Batu, Kecamatan Pantar Timur, Kabupaten Alor, NTT.

Kegiatan patroli dan pengamanan pasar ini merupakan bagian dari rutinitas Polsubsektor Pantar Timur. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung pasar dalam melakukan transaksi jual beli ataupun aktivitas lainnya. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya aksi kriminal di lingkungan sekitar pasar. Ini juga menjadi media komunikasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menggali informasi tentang perkembangan situasi kamtibmas di lingkungan pasar dan sekitarnya.

Selama patroli dan pengamanan di Pasar Tradisional Bakalang, anggota Polsubsektor Pantar Timur memberikan beberapa himbauan penting kepada para pengunjung pasar. Mereka menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dengan tidak mengkonsumsi minuman keras serta menghindari kegiatan yang melanggar hukum, agar stabilitas kamtibmas di wilayah Kecamatan Pantar Timur dan sekitarnya tetap kondusif.

Selain itu, petugas juga menghimbau kepada para pengendara roda dua yang masih menggunakan knalpot racing agar menggantinya dengan knalpot standar untuk menjaga ketertiban umum. Bagi yang masih tetap menggunakan knalpot racing, akan diambil tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Himbauan tertib berlalu lintas juga diberikan kepada para pengendara sepeda motor. Mereka diminta untuk selalu menggunakan dua helm SNI saat berkendara guna meminimalisir dampak benturan saat terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta tidak berboncengan lebih dari satu orang untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Selain itu, para sopir juga dihimbau untuk tidak mengkonsumsi minuman keras saat mengemudi, memperhatikan kapasitas muatan, dan keselamatan penumpang.

Sebagai langkah pencegahan terhadap maraknya kejahatan perdagangan orang, warga dihimbau untuk selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan iming-iming seseorang atau kelompok yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri. Masyarakat juga diminta untuk segera melaporkan bila ada aksi atau kegiatan mencurigakan di wilayahnya ke nomor pengaduan Polsek Pantar atau Polres Alor.

Dengan adanya kegiatan patroli, pengamanan, dan himbauan di Pasar Bakalang, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung pasar dalam melakukan aktivitas di lingkungan pasar dan sekitarnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di Kecamatan Pantar Timur dan sekitarnya.