Penyegaran di Tubuh Polri, Kapolri Mutasikan Sebelas Kapolres di Jajaran Polda NTT

Penyegaran di Tubuh Polri, Kapolri Mutasikan Sebelas Kapolres di Jajaran Polda NTT

Sebelas Kapolres di jajaran Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dimutasikan sesuai keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Hal ini dibenarkan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B, S.H., M.H., saat dikonfirmasi, Rabu (26/1/2022).

"Mutasi ini tertuang dalam ST/166/I/Kep/2022 tanggal 24 Januari 2022 ditandatangani As SDM Kapolri, Irjen Pol. Wahyu Widada, M.Phil. ", Ujar Kabidhumas Polda NTT.

Kabidhumas menjelaskan rata-rata pejabat Kapolres yang diganti pindah ke beberapa satuan kerja di Polda NTT. Sementara kebanyakan pejabat baru adalah perwira yang mengalami kenaikan pangkat AKBP periode 1 Januari 2022 dan baru menyelesaikan pendidikan Sespimen Polri tahun 2020 lalu.

"11 Kapolres lingkup Polda NTT yang dimutasi yakni Alor, Ende, Timor Tengah Selatan (TTS), Flores Timur, Kupang, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Utara (TTU), Sikka, Manggarai Timur dan Nagekeo", jelasnya.

Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto, S.I.K., pindah menjadi Wadir Intelkam Polda NTT. Ia diganti oleh AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., yang saat ini menjabat Koorspripim apolda NTT.

Selanjutnya, AKBP Albertus Andreana, S.I.K., Kapolres Ende dimutasi sebagai Wadir Reskrimum Polda NTT yang sudah lama kosong. Pengganti sebagai Kapolres Ende adalah AKBP Andre Librian, S.I.K., yang saat ini menjabat sebagai Kapolres TTS.

Sementara AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Flores Timur pindah menjadi Kapolres TTS.

AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H., S.I.K., M.H., yang saat ini menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda NTT dan Ps Dirtahti Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolres Flores Timur.

Kemudian Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung, S.H., S.I.K., menjadi Wadir Resnarkoba Polda NTT. Ia diganti oleh AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat.

AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., yang saat ini menjabat sebagai Kabag Analisis Ditintelkam Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolres Sumba Barat.

Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., pindah menjadi Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT.

Jabatan Kapolres Sikka dipercayakan kepada AKBP Nelson Filipe Quintas, S.I.K., yang saat ini menjabat Kapolres TTU. Penggantinya adalah AKBP Moh Mukhson yang saat ini menjabat sebagai Kasubbid Paminal Bidpropam Polda NTT.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K., dimutasi sebagai Kabag Faskon Biro Logistik Polda NTT. Jabatan yang ditinggalkan akan diisi oleh AKBP Fajar Widyadharma Lukman, S.I.K., yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditresnarkoba Polda NTT.

AKBP Nugroho Arie Siswanto, AMd., S.H., Kapolres Manggarai Timur dimutasi sebagai Kabagada Biro Logistik Polda NTT. Penggantinya adalah AKBP I Ketut Widiarta, S.H., S.I.K., yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Dit Samapta Polda NTT.

AKBP Agustinus Hendrik Fai, S.H., M.H., Kapolres Nagekeo pindah menjadi Pamen Polda NTT. Ia diganti oleh AKBP Yudha Pranata, SIK SH yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda NTT.

"Belum diketahui jadwal pelaksanaan serah terima jabatan sebelas Kapolres ini. Namun sesuai surat keputusan tersebut diberikan waktu 14 hari untuk pelaksanaan serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru" tandasnya.