Polres Alor Hadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019

Polres Alor Hadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019

Tribratanewsalor.com - Kapolres Alor Akbp Patar Silalahi, S.I.K bersama Kabag Ops Kompol Donce Fernades menghadiri Sosialisasi dan Fgd Penyelenggaraan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019, di Aula Hotel Pulo Alor Kabupaten Alor, Sabtu (16/12/2017).

Kegiatan dibuka oleh Ketua Panwaslu Kab. Alor Dominika Deran. Turut hadir Danramil 1622 Alor, Kajari Alor, perwakilan Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan, Sekretaris Kesbangpol, dan para Camat serta Ketua dan Pengurus Partai Politik.

Dalam sambutannya Dominika menyampaikan terkait tugas Panwaslu dengan harapan agar semua unsur selalu bersinergi dan bekerja sama guna tercapainya Pemilukada  yang aman, lancer dan tertib.

kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari dinas  Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Alor, Kesbangpol  dan Panwaslu Kab. Alor.

Selesai pemaparan materi Kapolres Alor berkesempatan menyampaikan perihal sengketa, pelanggaran dan tindak pidana pemilu.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus, antara lain : Tindak pidana pemilu yang sering terjadi, Penyelesaian permasalahan pemilu, Syarat  material laporan, Batas waktu penyelesaian perkara dan Ancaman hukuman. Dengan tujuan agar penyelenggara pemilu dapat memahami hal tersebut sehingga dalam  penegakan hukum dan penyelesaian sengketa pemilu dapat terlaksana dengan baik dan sesuai aturan perundang –undangan yang ada.

Selain itu juga dijelaskan Strategi yang dipersiapkan oleh Polres dalam pelaksanaan Pengamanan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019.